kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,49   -13,02   -1.39%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Masih Loyo, Dow Jones dan S&P 500 Ditutup Koreksi


Jumat, 13 Mei 2022 / 05:55 WIB
Wall Street Masih Loyo, Dow Jones dan S&P 500 Ditutup Koreksi
ILUSTRASI. Wall Street ditutup melemah


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street kembali ditutup melemah. Dua dari tiga indeks utama koreksi setelah indeks bergerak liar di sesi penutupan.

Kamis (12/5), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 103,81 poin atau 0,33% menjadi 31.730,3, indeks S&P 500 melemah 5,1 poin atau 0,13% ke 3.930,08 dan indeks Nasdaq Composite menguat 6,73 poin atau 0,06% ke 11.370,96.

Enam dari 11 sektor utama pada indeks S&P 500 mengakhiri hari di wilayah positif, dengan sektor layanan kesehatan menikmati persentase kenaikan terbesar.

sementara itu, sektor utilitas dan saham teknologi mengalami kerugian terbesar pada perdagangan sesi ini.

Pada sesi kali ini, ketiga indeks saham utama Amerika Serikat (AS) ini bergerak liar dan S&P 500 berada dalam jarak yang sangat dekat untuk mengonfirmasi memasuki pasar bearish setelah jatuh dari level tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada 3 Januari.

"Ayunan liar naik atau turun 2% ini sangat jarang, dan menunjukkan jiwa investor yang sangat rapuh untuk jumlah volatilitas yang terjadi dalam jangka waktu yang singkat," kata Ryan Detrick, Chief Market Strategist LPL Financial di Charlotte, North Carolina.

Baca Juga: Wall Street Melemah Tipis Meski Laju Inflasi AS Menurun

"Kekhawatiran yang berkelanjutan atas inflasi, yang tampaknya telah mencapai puncaknya namun tetap tinggi, terus menjadi perhatian investor, mendorong S&P ke ambang bear market."

Saham-saham perusahaan megacap terkemuka pasar, yang berkembang pesat selama masa pandemi menjadi hambatan terbesar, dengan saham Apple Inc dan Microsoft Corp jadi pemberat terbesar.

Data ekonomi baru-baru ini, yang terbaru adalah laporan Harga Produsen yang dirilis sebelum bel pembukaan, menunjukkan bahwa pertumbuhan harga mencapai puncaknya di bulan Maret.

Meski begitu, Federal Reserve (The Fed) diperkirakan menaikkan suku bunga utama setidaknya masing-masing 50 basis poin di tiga kali pertemuan dalam beberapa bulan mendatang. Ini dilakukan dalam upaya untuk mengabaikan permintaan dan mengendalikan harga yang melonjak.

Sementara itu, Senat AS pada hari Jumat mengkonfirmasi Jerome Powell untuk masa jabatan kedua sebagai Ketua The Fed.

Langkah itu "secara luas diharapkan dan membuka pintu bagi The Fed untuk terus memerangi inflasi tertinggi 40 tahun, dengan lebih banyak kenaikan suku bunga kemungkinan akan datang tahun ini," tambah Detrick.

Ketegangan geopolitik seputar perang Rusia di Ukraina dipicu oleh pengumuman Finlandia bahwa mereka akan mengajukan keanggotaan NATO, dengan Swedia diharapkan untuk mengikutinya. Kremlin bersumpah untuk membalas.

Baca Juga: Moskow Marah Besar saat Dubes Rusia Disiram Cat Merah di Warsawa

Konflik, yang dijuluki oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai "operasi militer khusus", telah mengobarkan api inflasi dengan menekan pasokan energi dan biji-bijian global.

Musim pendapatan mendekati rentang terakhir, dan menurut data terbaru, 79% dari perusahaan di indeks S&P 500 yang telah memposting hasil memberikan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, menurut Refinitiv.

Analis sekarang melihat agregat pertumbuhan pendapatan S&P 500 kuartal pertama sebesar 11%, naik dari 6,4% pada akhir kuartal, menurut Refinitiv.

Saham perusahaan aksesoris mewah Tapestry Inc melonjak 15,5% setelah menyatakan kepercayaan pada rebound permintaan China setelah pembatasan Covid-19 dicabut.

Di sisi lain, saham Beyond Meat Inc turun 4,2% setelah produsen makanan nabati melaporkan kerugian kuartalan yang membengkak.

Saham Twitter Inc juga turun 2,2%. Chief executive officer-nya mengumumkan pembekuan perekrutan dan kepergian dua pemimpinnya sehubungan dengan upaya pengambilalihan oleh Elon Musk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×