kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street kembali positif di tengah harapan vaksin Covid-19 dan penjualan ritel AS


Jumat, 16 Oktober 2020 / 21:28 WIB
Wall Street kembali positif di tengah harapan vaksin Covid-19 dan penjualan ritel AS
ILUSTRASI. Wall Street dibuka menguat

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street bangkit kembali pada perdagangan hari ini setelah tiga hari berturut-turut mengalami pelemahan. Jumat (16/10), indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,57% ke 28.657,70, indeks S&P 500 pun menguat 0,40% menjadi 3.497,19. Serupa, indeks Nasdaq Composite naik 0,50% ke level 11.772,66.

Penguatan pada bursa saham Amerika Serikat (AS) ini datang setelah kabar baik terkait vaksin corona kembali muncul di tengah lonjakan kasus baru. Terbaru adalah Pfizer yang mengatakan dapat mengajukan permohonan penggunaan darurat dari kandidat vaksin Covid-19 pada awal November. 

Alhasil, saham pembuat obat pun menguat 1,4% karena dapat memberikan data keamanan dan file untuk otorisasi vaksin yang dikembangkannya dengan BioNTech SE Jerman pada minggu ketiga November. 

Hal ini juga membuat saham BioNTech yang terdaftar di AS melonjak 2,8%.

Baca Juga: Saham-saham ini paling banyak dilepas asing saat IHSG turun tipis, Jumat (16/10)

Selain itu, data pertumbuhan penjualan ritel pada bulan September yang lebih kuat dari perkiraan juga menjadi angin segar. 

"Di tengah pasar tenaga kerja yang stagnan, lonjakan penjualan ritel bulan ini menunjukkan kekuatan konsumen cukup kuat," kata Mike Loewengart, Managing Director of Investment Strategy E*TRADE Financial LLC di Jersey City.

"Sementara konsumen yang tangguh adalah hal positif yang luas untuk pemulihan, hasil hari ini dapat mengurangi tekanan pada anggota parlemen untuk mendapatkan langkah stimulus sebelum pemilihan," lanjut Loewengart.

Data terbaru memang menunjukkan penjualan ritel di Negeri Paman Sam meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan September. Meskipun demikan, pemulihan dari resesi berada di persimpangan jalan karena uang pemerintah habis dan infeksi Covid-19 baru melonjak di seluruh negeri.

Perdagangan di Wall Street minggu ini telah ditentukan oleh berita tentang lebih banyak bantuan federal untuk membantu bisnis dan rumah tangga yang terhuyung-huyung dari dampak pandemi Covid-19. Ini pun membuat indeks S&P 500 berada di jalur untuk kenaikan mingguan terkecil dalam tiga minggu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×