kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Wall Street cenderung turun, saham Boeing menyokong Dow Jones


Selasa, 12 November 2019 / 05:48 WIB
Wall Street cenderung turun, saham Boeing menyokong Dow Jones
ILUSTRASI. Wall Street cenderung bergerak turun pada perdagangan awal pekan ini.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street cenderung bergerak turun pada perdagangan awal pekan ini. Dari tiga indeks utama Wall Street, hanya Dow Jones Industrial Average yang menguat karena kenaikan harga saham Boeing Co sebesar 4,5%.

Senin (11/11), Dow Jones Industrial Average naik tipis 0,04% ke 27.691,49. Indeks S&P 500 turun 0,20% ke 3.087,01. Nasdaq Composite turun 0,13% ke 8.464,28.

Indeks S&P 500 dan Nasdaq turun dari rekor tertinggi di tengah munculnya lagi kekhawatiran akan kemunduran negosiasi dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. 

Baca Juga: Sempat ukir rekor baru, harga emas kembali menjauh dari level terendah

Sabtu lalu, Presiden AS Donald Trump pada menyebutkan bahwa AS hanya akan membuat kesepakatan yang baik bagi AS. Dia pun menyebut ada laporan yang salah bahwa AS bersedia menarik tarif yang telah berlaku sebagai bagian dari kesepakatan fase satu.

Pernyataan Trump akhir pekan lalu tersebut menekan optimisme berakhirnya perang dagang AS-China yang sudah berlangsung 16 bulan. Trump menambahkan bahwa negosiasi dagang antara kedua negara berjalan lebih lambat daripada harapan dia, tapi keinginan China untuk mencapai kesepakatan lebih besar daripada keinginan dia.

"Kali ini, giliran Trump memupuskan harapan, bahwa tidak hanya kesepakatan bisa berakhir, tapi juga harapan bahwa tarif akan dihilangkan. Sulit untuk memperkirakan siapa yang akan lebih dirugikan jika kesepakatan runtuh," kata Craig Erlam, senior market analyst OANDA Corp kepada Reuters.

Baca Juga: Wall Street tertekan pernyataan Trump soal kesepakatan dengan China

Michael Arone, chief investment strategist State Street Global Advisors mengatakan bahwa berita-berita baik global telah diperhitungkan pada kenaikan pasar saham sebelumnya, "Termasuk pemangkasan suku bunga, kinerja kuartal ketiga yang melebihi ekspektasi, tanda-tanda data ekonomi telah mencapai level terendah, serta antusiasme potensi resolusi perang dagang," kata dia kepada Reuters.

Sementara itu, harga saham Boeing Co melejit 4,5% setelah produsen pesawat ini memperkirakan regulator penerbangan AS akan menyetujui kembalinya layanan pesawat 737 MAX dalam beberapa pekan mendatang. Boeing memperkirakan, operasional pesawat yang dikandangkan berbulan-bulan ini akan dimulai pada Januari.

Saham Boeing merupakan komponen besar pada indeks Dow Jones. Lonjakan harga saham Boeing mengerek Dow Jones melanjutkan rekor pada perdagangan kemarin.

Baca Juga: Menteri Perdagangan AS: Boeing bakal temui Lion Air

Investor akan menunggu komentar perdagangan dari Trump pada hari ini. Trump dijadwalkan berbicara pada The Economic Club of New York. Investor juga akan menunggu data ekonomi pekan ini dan testimoni Gubernur Federal Reserve Jerome Powell.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×