kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45947,02   0,16   0.02%
  • EMAS938.000 -1,26%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Wall Street berubah menjadi merah saat Omicron mencapai AS, Dow jatuh 460 poin


Kamis, 02 Desember 2021 / 05:52 WIB
Wall Street berubah menjadi merah saat Omicron mencapai AS, Dow jatuh 460 poin
ILUSTRASI. Wall Street

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga indeks acuan Wall Street turun lebih dari 1% pada perdagangan Rabu (1/12). Setelah kecemasan investor tentang varian virus corona Omicron meningkat dengan konfirmasi kasus pertama di Amerika Serikat (AS) dan pasar juga mencerna komentar Fed tentang inflasi.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 461,68 poin atau 1,34% menjadi 34.022,04, S&P 500 kehilangan 53,96 poin atau 1,18% menjadi 4.513,04, dan Nasdaq Composite turun 283,64 poin atau 1,83% menjadi 15.254,05.

Pergerakan perdagangan Rabu melanjutkan rentetan volatilitas dari empat sesi terakhir karena ancaman Omicron muncul.

Pembalikan saham terjadi setelah CDC melaporkan kasus pertama di AS dari varian virus corona baru yang sangat bermutasi yang disebut Omicron di California. Omicron - pertama kali terdeteksi minggu lalu di Afrika Selatan - telah dilaporkan di setidaknya 23 negara, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: IHSG Kamis (2/12) Berpeluang Teknikal Rebound, Cermati Saham-Saham Defensif

Saham perjalanan adalah pecundang terbesar menyusul berita kasus pertama di pantai AS. Saham American Airlines turun hampir 8%, Delta Air Lines turun 7,3%, dan United Airlines turun 7,5%. Produsen kedirgantaraan Boeing kehilangan 4,8%.

Saham Norwegian Cruise Line Holdings dan Karnaval masing-masing terkena 8,8% dan 7%. Wynn Saham Resorts turun 6,1% dan Hilton Worldwide mengakhiri hari sekitar 3,8% lebih rendah.

Perusahaan ritel juga terpukul pada hari Rabu. Saham Nordstrom ditutup turun 5,3% dan Kohl kehilangan 5,6%. Saham Best Buy dan Macy masing-masing turun 4,3% dan 4,6%.

"Rasanya seolah-olah pasar bertanya-tanya kapan, bukan apakah akan ada varian baru ini di negara kita," kata Art Hogan, kepala analis National Securities. Namun, dia belum khawatir tentang dampak pasar dari Omicron.

“Saya pikir kita berada di tempat sekarang di mana kita memahami ada dampak yang berkurang dengan gelombang baru dan varian baru dengan virus ini,” kata Hogan dilansir dari CNBC.

Sebelumnya pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pembuat kebijakan harus siap untuk menanggapi kemungkinan inflasi tidak akan surut pada paruh kedua tahun depan seperti yang diharapkan.

Wall Street telah jatuh pada hari Selasa setelah Powell mengejutkan pasar dengan memberi sinyal bahwa bank sentral akan mempertimbangkan untuk mempercepat penarikan program pembelian obligasi pada pertemuan Desember di tengah lonjakan inflasi.

Baca Juga: Wall Street melambung pada Rabu (1/12) setelah aksi jual hari sebelumnya

"Pasar bergulat dengan kekhawatiran kembar varian Omicron, yang mungkin atau mungkin tidak dapat menghindari vaksin, dan Powell yang lebih hawkish dari yang diharapkan," kata Chris Zaccarelli, kepala investasi di Independent Advisor Alliance di Charlotte, North Carolina. .

Wall Street telah jatuh tajam pada hari Jumat ketika investor pertama kali mendengar tentang varian Omicron dengan pejabat kesehatan mengatakan mereka tidak yakin seberapa menular atau berbahaya varian tersebut dan seberapa banyak perlindungan yang diberikan oleh vaksin yang ada.

Pada hari Senin, pasar rebound tajam karena investor mencari barang murah setelah aksi jual, hanya untuk jatuh lagi pada hari Selasa menyusul komentar Powell.

"Kami mencoba untuk membeli penurunan lagi (pada hari Rabu) tetapi berita bahwa Omicron ada di sini telah membuat sebagian angin keluar dari layar bullish," kata Zaccarelli.

Selanjutnya: Cuaca hari ini di Jabodetabek hujan ringan hingga lebat, awas petir dan angin kencang

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×