kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Berakhir di Zona Merah Setelah Pernyataan Powell yang Hawkish


Selasa, 22 Maret 2022 / 05:41 WIB
Wall Street Berakhir di Zona Merah Setelah Pernyataan Powell yang Hawkish
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street ditutup terkoreksi pada perdagangan hari Senin (21/3). Setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengisyaratkan pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif daripada yang diantisipasi sebelumnya dan invasi Rusia ke Ukraina menambah ketidakpastian pasar.

Melansir Reuters, Indeks Dow Jones Industrial Average turun 201,94 poin atau 0,58% menjadi 34.552,99, S&P 500 kehilangan 1,94 poin atau 0,04% menjadi 4.461,18, dan Nasdaq Composite turun 55,38 poin atau 0,4% menjadi 13.838,46.

Enam dari 11 sektor utama S&P 500 mengakhiri sesi di zona merah, dengan layanan komunikasi menderita persentase kerugian terbesar. Sektor energi adalah pemenang, naik 3,8%.

Baca Juga: Wall Street Melemah di Awal Pekan, Harga Saham Boeing Terjun

Saham Boeing Co turun 3,6% setelah salah satu pesawat 737-800 yang dioperasikan oleh China Eastern Airlines jatuh di China selatan tanpa ada korban selamat.

Powell di hadapan konferensi Asosiasi Ekonomi Bisnis Nasional mengatakan, Bank sentral harus bergerak "cepat" untuk memerangi inflasi, kenaikan suku bunga yang lebih besar dari biasanya dapat diterapkan jika diperlukan.

"Banyak berita hari ini dikirim melalui telegram minggu lalu dalam komentar (Powell)," kata Matthew Keator, managing partner Keator Group.

"Perbedaannya adalah ada beberapa pertanyaan mengenai apakah kenaikan suku bunga 50 basis poin mungkin merupakan tindakan lebih cepat daripada sebelumnya."

Sekarang menyiratkan peluang 60,7% dari kenaikan 50 basis poin dalam suku bunga utama pada pertemuan Fed berikutnya di bulan Mei, naik dari 52% sebelum teks pidato Powell dirilis.

"Beberapa gubernur The Fed telah vokal tentang front-end memuat beberapa kenaikan itu, menempatkan mereka di buku lebih cepat daripada sebeumnyai," tambah Keator.

"Tapi saya tidak berpikir pasar harus mengantisipasi serangkaian kenaikan suku bunga 50 basis poin antara sekarang dan akhir tahun."

Sementara, pertempuran berkecamuk di Ukraina sebagai upaya untuk merundingkan untuk mengakhiri konflik tampaknya membuat sedikit kemajuan.

Baca Juga: Proyeksi IHSG Selasa (22/3), Ada Peluang Rebound Teknikal

Harga minyak mentah terus melonjak karena Uni Eropa mempertimbangkan bergabung dengan Amerika Serikat dalam melarang minyak Rusia, meningkatkan kekhawatiran pasokan dan membantu menempatkan saham energi di depan.

Meningkatnya suhu geopolitik membantu saham pertahanan. Meskipun Boeing mengalami penurunan, indeks S&P 500 Aerospace and Defense naik 1,5%, dengan Lockheed Martin, Raytheon, Northrop Grumman dan General Dynamics naik antara 2,5% dan 4,6%.

Pengadilan Moskow menyebut Meta Platforms Inc sebagai "organisasi ekstremis", yang mendukung keputusan untuk melarang Facebook di Rusia. Saham Meta turun 2,3%.

Saham Alleghany Corp melonjak 24,8% setelah Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc mencapai kesepakatan US$ 11,6 miliar untuk membeli pemilik reasuradur TransRe.

Saham Nike Inc naik lebih dari 4% setelah perusahaan mengalahkan perkiraan pendapatan kuartalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×