kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall St: Dow Reli Lebih 1.500 Poin dalam 2 hari, S&P 500 Raih Kenaikan 2 Hari Terbaik


Rabu, 05 Oktober 2022 / 05:45 WIB
Wall St: Dow Reli Lebih 1.500 Poin dalam 2 hari, S&P 500 Raih Kenaikan 2 Hari Terbaik
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks S&P 500 membukukan reli satu hari terbesar dalam dua tahun pada hari Selasa (4/10). Setelah data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih lemah dan kenaikan suku bunga Australia yang lebih kecil dari perkiraan memicu harapan untuk pengetatan yang kurang agresif oleh Federal Reserve.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 825,43 poin atau 2,8% menjadi 30.316,32, S&P 500 naik 112,5 poin atau 3,06% pada 3.790,93, dan Nasdaq Composite menambahkan 360,97 poin atau 3,34% pada 11.176,41.

Kenaikan ini merupakan satu hari terbesar untuk S&P 500 sejak Mei 2020. Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 membukukan reli dua hari terbesar sejak April 2020.

Data ekonomi terbaru menunjukkan, permintaan tenaga kerja tetap cukup kuat, lowongan pekerjaan AS turun paling dalam dalam hampir 2,5 tahun pada bulan Agustus sebagai tanda misi The Fed untuk menjinakkan inflasi dengan menaikkan suku bunga bekerja untuk memperlambat ekonomi.

Baca Juga: Tiga Indeks Utama Wall Street Melonjak Lebih dari 2% pada Selasa (4/10)

Sebelumnya, Reserve Bank of Australia (RBA) mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga yang lebih kecil dari perkiraan sebesar 25 basis poin. Tingkat kasnya naik ke puncak sembilan tahun setelah enam kali kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan dalam siklus pengetatan yang juga dilakukan oleh bank sentral lainnya.

Anthony Saglimbene, chief market strategist Ameriprise Financial mengatakan, RBA adalah bank sentral besar pertama yang mengakui bahwa sekarang adalah waktu untuk melambat setelah secara agresif menaikkan suku bunga tahun ini.

"Ada harapan bahwa Federal Reserve di beberapa titik di kuartal keempat akan mengatakan hal yang sama. Tidak berhenti menaikkan suku bunga, tetapi hanya memperlambat langkahnya," katanya. "Itulah jenis reli pasar di bawah permukaan."

Namun, Gubernur The Fed Philip Jefferson mengatakan, inflasi adalah masalah paling serius yang dihadapi bank sentral AS dan "mungkin perlu waktu" untuk mengatasinya. Presiden The Fed San Francisco Mary Daly mengatakan, bank sentral perlu memberikan lebih banyak kenaikan suku bunga.

Saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga naik karena imbal hasil pada US Treasury 10-tahun turun untuk hari kedua berturut-turut setelah data pekerjaan dan langkah mengejutkan RBA. Valuasi pada saham teknologi dan pertumbuhan lainnya turun ketika biaya modal mereka naik.

Baca Juga: Saham Rekomendasi Analis pada Perdagangan Rabu (5/10)

Dampak dari suku bunga yang lebih tinggi kemungkinan akan tercermin dalam laporan perusahaan ketika musim pendapatan dimulai dalam dua minggu, kata Dennis Dick, pendiri dan analis struktur pasar Triple D Trading Inc.

"Kami masih menghadapi waktu yang lebih sulit di sini. Saya pikir musim pendapatan ini tidak akan bagus," katanya. "Jika salah satu senjata besar memperingatkan itu bisa mengakhiri reli lebih cepat. Ini benar-benar melegakan dibandingkan dengan dimulainya pasar bull baru."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×