kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usai private placement, simak rencana Medikaloka Hermina (HEAL)


Rabu, 27 Januari 2021 / 08:10 WIB
Usai private placement, simak rencana Medikaloka Hermina (HEAL)


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengelola rumah sakit PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) telah menyelesaikan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement pada awal tahun 2021. 

HEAL menawarkan 5 juta saham baru dengan harga nominal Rp 100 per saham. Adapun harga pelaksanaan private placement sebesar Rp 4.000 per saham. Dengan kata lain, HEAL meraup dana segar hingga Rp 20 miliar. Adapun Luminous Investments menjadi pihak yang menyerap penawaran tersebut. 

Direktur Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja mengungkapkan, Hermina akan menggunakan dana hasil private placement untuk pengembangan bisnis, termasuk modernisasi alat-alat kesehatan. "Ini sejalan dengan strategi kami mengembangkan specialty di luar ibu dan anak," kata Aristo dalam acara Mandiri Sekuritas Know Your Company yang digelar secara virtual, Selasa (26/1).

Saat ini HEAL tengah mengembangkan radioterapi untuk pasien kanker. Dia menambahkan, untuk mengembangkan bidang khusus itu HEAL memerlukan alat kesehatan. 

Baca Juga: Tingkat okupansi HEAL untuk layanan isolasi mandiri ditaksir 75% dari 1000 kasur

HEAL memang lekat dengan citra rumah sakit ibu dan anak. Akan tetapi sejak satu dekade terakhir, HEAL juga banyak melayani pasien di luar segmen pasar itu, seperti pasien jantung, mata, dan tulang. 

Tidak hanya mengembangkan bidang khusus, HEAL juga akan terus berekspansi. Di tahun 2021 ini,  HEAL berencana menambah empat rumah sakit baru. Rumah sakit yang dibangun berada di Cibitung, Cilegon, dan Aceh. Di samping itu, HEAL juga akan mengakuisisi satu rumah sakit. 

Dengan adanya rencana ekspansi ini, Hermina menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) antara Rp 800 miliar hingga Rp 900 miliar. Selain untuk menambah rumah sakit, Hermina akan memanfaatkan capex untuk menambah tempat tidur di rumah sakit yang sudah ada.

Baca Juga: Tambah Jaringan, Pengelola Rumah Sakit Siapkan Belanja Modal Ratusan Miliar Tahun Ini  




TERBARU

[X]
×