kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usaha patungan ban Pirelli telah berkontribusi ke kinerja Astra Otoparts (AUTO)


Selasa, 12 Maret 2019 / 18:06 WIB
Usaha patungan ban Pirelli telah berkontribusi ke kinerja Astra Otoparts (AUTO)


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain mendirikan bisnis patungan dengan Toyoda Gosei, PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) juga tetap menjalin kerja sama lewat skema joint venture atau usaha patungan dengan Pirelli Tyre pada 21 Januari lalu. Perjanjian joint venture tersebut akan berlaku pada 31 Maret mendatang.

Dalam laporan keuangan 2018 disebutkan, kontribusi kerja sama ini akan dibayar melalui imbalan kas sebesar US$ 6,8 juta dan konversi terhadap peminjam pemegang saham sebesar US$ 9,6 juta.

Kerja sama ini juga mengakibatkan penurunan kepemilikan saham AUTO di PT Evoluzione Tyres, anak usaha yang membawahi kerja sama ini dari 40% menjadi 37%.

Catatan Kontan.co.id, usaha patungan ini sebenarnya telah dibentuk sejak Juni 2012. Saat itu, AUTO membentuk usaha patungan bersama Pirelli Tyres S.p.A.

Usaha patungan tersebut bertujuan untuk memproduksi ban yang akan dipasarkan di dalam negeri dan luar negeri. Anak usaha tersebut diberi nama PT Evoluzione Tyres.

Pirelli menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60%, sedangkan Astra Otoparts 40%. Nilai total investasi untuk pengembangan anak usaha ini mencapai US$ 120 juta.

Hanna Carissa, Public Relations Astra Otoparts pun membenarkan hal tersebut. Sebenarnya usaha patungan telah berlangsung sejak tahun 2012 lalu. "Kita joint venture dari tahun 2012. Auto share-nya 40%.

“Mungkin kalau dari laporan keuangan 2018 kemarin karena secara akuntansi ada transaksi jadi efektif di 31 Maret 2019. Tapi sebenarnya sudah produksi dari lama yaitu sejak 2012," terangnya kepada kontan.co.id, Selasa (12/3).

Hanna juga menambahkan bahwa PT Evoluzione Tyres merupakan perusahaan manufaktur joint venture AUTO dengan Pirelli Tyre. Usaha patungan ini bertujuan untuk memproduksi ban 2W.

"Usaha ini telah berkontribusi terhadap kinerja AUTO sebagai supplier produk ban yang dijual oleh bisnis perdagangan AUTO dengan merek pirelli, dan aspira premio," ujarnya.

Namun sayangnya ia belum merincikan secara lengkap soal kontribusi dari perusahaan patungan tersebut. "Mohon maaf, kita tidak buka market share dan kontribusi penjualan produk by angka soalnya," ujar Hanna.

Selanjutnya soal target kinerja di tahun 2019 ini, Hanna mengatakan bahwa target pendapatan dan laba tergantung industri. "Selama industri bisa growth dibandingkan dengan 2018, kita optimistis bisa tumbuh di atas industri," imbuhnya.

Sementara untuk belanja modal atau capex 2019, ia bilang kurang lebih masih sama dengan capex 2018 yang sebesar Rp 2 triliun. "Sumber dananya berasal dari internal cash perusahaan dan digunakan untuk pengembangan produk baru dan model baru," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×