kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Urutan Berlian Termahal Berubah Usai Sotheby Lelang Berlian Seharga US$ 57,5 Juta


Sabtu, 07 Mei 2022 / 07:55 WIB
Urutan Berlian Termahal Berubah Usai Sotheby Lelang Berlian Seharga US$ 57,5 Juta


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jajaran berlian termahal dunia berubah usai Sotheby's Hong Kong berhasil menjual berlian De Beers Blue. Berlian Fancy Vivid Blue dengan 15,10 karat ini laku terjual di harga HK$ 451 juta setara dengan US$ 57,5 juta. Jika dirupiahkan kurs Rp 14.400 per dollar AS berlian biru tersebut laku Rp 828 miliar. 

Harga tersebut adalah level tertinggi harga berlian mendekati harga berlian biru lainnya pada tahun 2016 bernama The Oppenheimer Blue. Kala itu, berlian biru 14,62 karat itu terjual di harga US$ 57,54 juta.  

Sotheby's menceritakan, lelang berlian yang diadakan pada 27 April tersebut melalui pertarungan penawaran selama delapan menit diantara empat peserta lelang. Akibatnya, harga jual berlian De Beers Blue melambung di atas semula harga estimasi lelang berlian di HK$ 380 juta setara US$ 48 juta.

Baca Juga: Balai Lelang Multinasional Kembali Menggelar Lelang Tas Branded Pekan Depan  

Berlian tersebut akhirnya terjual pada klien yang diwakili oleh Wenhao Yu, Ketua Perhiasan dan Jam Tangan di Sotheby's Asia melalui panggilan telepon. Harga akhir yang dicapai (HK$ 450.925.000 setara dengan US$ 57.471.960. Angka tersebut hampir sama dengan pemegang rekor berlian biru saat ini, dicapai pada tahun 2016 ketika The Oppenheimer Blue (14,62 karat), dijual seharga US$ 57.541.779.

De Beers Blue baru-baru ini dipotong dari batu kasar yang ditemukan di Tambang Cullinan, Afrika Selatan. Pada tahun 2021, tambang tersebut menjadi salah satu dari sedikit sumber berlian biru yang sangat langka di dunia. 

Dalam keadaannya yang baru dibuat dengan sangat baik, berlian ini muncul kembali sebagai berlian biru hidup terbesar yang pernah muncul di lelang dan berlian biru hidup terbesar yang dipotong secara internal tanpa cacat yang pernah dinilai oleh Institut Gemologi Amerika (GIA). Berlian biru sepenting ini sangat langka, dengan hanya lima contoh 10 karat+ yang pernah dilelang, tidak ada yang melebihi 15 karat, menjadikan penampilan permata sempurna ini sebagai peristiwa penting tersendiri. 

Ketua Sotheby's Asia, Patti Wong mengatakan De Beers Blue memang cukup memikat sejak pertama melihatnya. "Dengan warna cerah yang kuat, dan potongan yang sangat indah, itu benar-benar batu sekali dalam satu generasi, dan berlian biru terbesar dengan ukurannya yang pernah saya lihat selama 31 tahun karir saya di Sotheby's," cerita dia. 

Karena itu, Wong mengaku sangat senang De Beers dan Diacore memercayai Sotheby mempersembahkan batu ini ke pasar internasional. Pun hasilnya terkonfirmasi jelas cukup terapresiasi karena memang menjadi berlian langka dan besar di seluruh dunia.

Baca Juga: Permintaan Meningkat, Harga Berlian Kian Mengkilap

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×