kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

United Tractors (UNTR) Kucurkan Pinjaman Rp 125 Miliar ke Arkora Hydro (ARKO)


Kamis, 30 Maret 2023 / 10:57 WIB
United Tractors (UNTR) Kucurkan Pinjaman Rp 125 Miliar ke Arkora Hydro (ARKO)
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik PT Arkora Hydro Tbk (ARKO).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) memberikan pinjaman kepada PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) dengan jumlah sebesar maksimum Rp 125 miliar. Pinjaman ini berdasarkan perjanjian pinjaman yang dilakukan pada 27 Maret 2023.

Melansir laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (29/3), pinjaman ini  berbentuk fasilitas pinjaman berulang (revolving), yang akan digunakan oleh ARKO untuk pembiayaan kembali (refinancing) atas pinjaman dari pemegang saham ARKO yaitu ACEI Singapore Holdings Private, Ltd.

Apabila pinjaman telah dibayarkan oleh ARKO dan mengingat pinjaman ini bersifat revolving, maka ARKO berencana untuk menggunakan kembali fasilitas sebesar yang telah dibayarkan untuk keperluan investasi serta modal kerja (working capital), khususnya pengembangan kegiatan usaha dalam pelaksanaan proyek pengambilalihan/ akuisisi yang akan dilakukan oleh ARKO.

Baca Juga: Per Februari 2023, Kinerja Operasional UNTR Masih Tumbuh

Bunga  yang dikenakan dalam pinjaman ini sebesar 9,5% per tahun, dengan management fee sebesar 0,5% per tahun. Periode ketersediaan dana selama 1 tahun sejak ditandatanganinya perjanjian, dengan jangka waktu pembayaran  7 tahun sejak tanggal penarikan

“Secara bisnis bagi United Tractors akan lebih menguntungkan apabila United Tractors memberikan pinjaman ini, dibandingkan bila United Tractors harus menyimpan dana kasnya di bank dengan rate deposito bank pada saat ini,” tulis Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. LOebis.

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang membutuhkan pelaporan kepada Otoritas Jasa Keuangan sebagaimana diatur dalam POJK No. 42/2020. Sebab, ARKO merupakan anak perusahaan UNTR yang sahamnya dipegang melalui PT Energia Prima Nusantara (EPN) dan PT Bina Pertiwi Energi (BPE), dengan kepemilikan masing-masing 26,55% dan 4,94%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×