kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.986.000   17.000   0,86%
  • USD/IDR 16.829   46,00   0,27%
  • IDX 6.654   40,40   0,61%
  • KOMPAS100 962   9,07   0,95%
  • LQ45 749   7,24   0,98%
  • ISSI 211   1,20   0,57%
  • IDX30 390   3,90   1,01%
  • IDXHIDIV20 468   3,67   0,79%
  • IDX80 109   1,20   1,11%
  • IDXV30 115   1,22   1,07%
  • IDXQ30 128   1,20   0,94%

Tren KPR rendah, analis sarankan buy CTRA


Minggu, 27 September 2020 / 19:32 WIB
Tren KPR rendah, analis sarankan buy CTRA
ILUSTRASI. perumahan citra indah city Jonggol Jawa Barat (11/1/2019). PT Ciputra Development Tbk adalah salah satu perusahaan properti Indonesia terkemuka. Didirikan pada tahun 1981, pengembangan properti perumahan skala besar dan komersial adalah keahlian bisnis da


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mencatatkan pendapatan di kuartal II-2020 sebesar Rp 1,29 triliun atau turun 13,6% secara tahunan (yoy) dari Rp 1,49 triliun di kuartal II-2019.

Development dan recurring income secara keseluruhan mencatatkan penurunan masing-masing 17% YoY dan 74% YoY. Namun pada kuartal dua di mana diberlakukannya PSBB, pendapatan dari penjualan rumah tapak dan ruko justru tercatat sebesar Rp 749 miliar atau naik 11,05% yoy, saat semua segmen pendapatan turun lebih dari 30% yoy.

Selain itu, meningkatnya beban umum dan administrasi membuat OPM turun menjadi 16,4% pada kuartal dua, dari 19,7% di kuartal II-2019. 

CTRA membukukan rugi bersih pada 2Q20 senilai Rp 8 miliar atau di bawah estimasi laba NH Korindo sebesar Rp 8 miliar, menjadikan catatan rugi pertama yang dialami CTRA.

Baca Juga: Emiten properti berharap tren bunga KPR rendah bisa dongkrak penjualan

Sementara selama semester I-2020, laba tercatat sebesar Rp 169,4 miliar, turun 43% yoy dari Rp 296,3 miliar di semester I-2019.

Marketing sales CTRA pada 2020 direvisi turun menjadi Rp 4,51 trliun. Sementara hingga semester I-2020 marketing sales CTRA sudah tercatat Rp 2,02 triliun atau 44,6% dari target.

Produk penjualan rumah dan tanah menyumbang 92% dari marketing sales, di mana porsi terbesar sebanyak 35% merupakan penjualan unit di bawah Rp 1 miliar.

CTRA saat ini memang fokus pada penjualan rumah tapak golongan menengah ke bawah dan rumah bersubsidi dengan menyasar pada end-user.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×