kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.098.000   -17.000   -0,80%
  • USD/IDR 16.571   109,00   0,66%
  • IDX 8.008   -16,75   -0,21%
  • KOMPAS100 1.116   -7,41   -0,66%
  • LQ45 809   -5,92   -0,73%
  • ISSI 276   0,10   0,04%
  • IDX30 421   -3,05   -0,72%
  • IDXHIDIV20 483   -7,14   -1,46%
  • IDX80 123   -0,71   -0,57%
  • IDXV30 132   -1,87   -1,40%
  • IDXQ30 134   -2,10   -1,54%

Tren KPR rendah, analis sarankan buy CTRA


Minggu, 27 September 2020 / 19:32 WIB
Tren KPR rendah, analis sarankan buy CTRA
ILUSTRASI. perumahan citra indah city Jonggol Jawa Barat (11/1/2019). PT Ciputra Development Tbk adalah salah satu perusahaan properti Indonesia terkemuka. Didirikan pada tahun 1981, pengembangan properti perumahan skala besar dan komersial adalah keahlian bisnis da


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mencatatkan pendapatan di kuartal II-2020 sebesar Rp 1,29 triliun atau turun 13,6% secara tahunan (yoy) dari Rp 1,49 triliun di kuartal II-2019.

Development dan recurring income secara keseluruhan mencatatkan penurunan masing-masing 17% YoY dan 74% YoY. Namun pada kuartal dua di mana diberlakukannya PSBB, pendapatan dari penjualan rumah tapak dan ruko justru tercatat sebesar Rp 749 miliar atau naik 11,05% yoy, saat semua segmen pendapatan turun lebih dari 30% yoy.

Selain itu, meningkatnya beban umum dan administrasi membuat OPM turun menjadi 16,4% pada kuartal dua, dari 19,7% di kuartal II-2019. 

CTRA membukukan rugi bersih pada 2Q20 senilai Rp 8 miliar atau di bawah estimasi laba NH Korindo sebesar Rp 8 miliar, menjadikan catatan rugi pertama yang dialami CTRA.

Baca Juga: Emiten properti berharap tren bunga KPR rendah bisa dongkrak penjualan

Sementara selama semester I-2020, laba tercatat sebesar Rp 169,4 miliar, turun 43% yoy dari Rp 296,3 miliar di semester I-2019.

Marketing sales CTRA pada 2020 direvisi turun menjadi Rp 4,51 trliun. Sementara hingga semester I-2020 marketing sales CTRA sudah tercatat Rp 2,02 triliun atau 44,6% dari target.

Produk penjualan rumah dan tanah menyumbang 92% dari marketing sales, di mana porsi terbesar sebanyak 35% merupakan penjualan unit di bawah Rp 1 miliar.

CTRA saat ini memang fokus pada penjualan rumah tapak golongan menengah ke bawah dan rumah bersubsidi dengan menyasar pada end-user.




TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×