kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,37   4,64   0.67%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Transaksi negosiasi hari ini: BRPT senilai Rp 3,5 triliun, KPIG, dan ARTO menyusul


Senin, 30 Desember 2019 / 17:14 WIB
Transaksi negosiasi hari ini: BRPT senilai Rp 3,5 triliun, KPIG, dan ARTO menyusul
ILUSTRASI. Transaksi bursa diramaikan oleh transaksi pasar negosiasi pada saham BRPT, RIMO, KPIG, dan ARTO.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Volume perdagangan bursa hari terakhir 2019, Senin (30/12) mencapai 16,58 miliar lebih tebal ketimbang volume rata-rata sebulan terakhir. Volume yang tebal ini terjadi karena adanya sejumlah transaksi di pasar negosiasi pada beberapa saham.

Transaksi yang paling besar di pasar negosiasi hari ini terjadi pada saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT). Transaksi non reguler saham BRPT melibatkan 2,74 miliar saham di harga Rp 1.275 per saham. Transaksi dengan total nilai Rp 3,49 triliun ini dilakukan oleh broker penjual Panin Sekuritas dan broker pembeli UOB Kay Hian Sekuritas. Kedua broker ini mewakili investor asing.

Transaksi saham BRPT ini dilakukan di bawah harga penutupan saham Barito hari ini, yakni Rp 1.510 per saham. Sepanjang tahun 2019, harga saham BRPT sudah naik 216%.

Baca Juga: Barito (BRPT) & Chandra Asri (TPIA) menopang industri dasar dan kimia tahun ini Barito (BRPT) & Chandra Asri (TPIA) menopang industri dasar dan kimia tahun ini

Volume transaksi terbesar kedua di pasar negosiasi adalah saham PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO), PT MNC Land Tbk (KPIG), dan PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO). Dari sisi nilai, transaksi terbesar kedua setelah BRPT adalah saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) yang mencapai Rp 689 miliar.

Transaksi nonreguler RIMO melibatkan 1,87 miliar saham dengan nilai Rp 93,5 miliar. Sedangkan transaksi saham KPIG mencapai 1,67 miliar saham dengan nilai Rp 292,5 miliar. Transaksi ini dilakukan dalam beberapa kali, dengan volume transaksi terbesar yakni 1,48 miliar saham di harga Rp 180 per saham, lebih tinggi ketimbang harga penutupan saham KPIG sebesar Rp 136 per saham.

Broker pelaksana transaksi tutup sendiri ini adalah MNC Sekuritas dengan investor asing sebagai pembeli dan investor domestik sebagai penjual.

Baca Juga: Harga saham enam emiten Grup MNC memerah, ada apa?

Transaksi ARTO melibatkan 458 juta saham dengan nilai transaksi Rp 205,4 miliar. Transaksi nonreguler ARTO dilakukan pada harga Rp 448 per saham dalam lebih dari 10 kali transaksi. Pihak pembeli pada transaksi ARTO terdiri dari investor domestik yang diwakili oleh broker Trimegah Sekuritas dan investor asing yang diwakili oleh broker Indo Capital Sekuritas. Sedangkan penjual adalah investor domestik dengan broker pelaksana Erdhika Elit Sekuritas.

Transaksi ARTO ini jauh di bawah harga penutupan perdagangan hari ini, Rp 3.100 per saham. Baca juga transaksi perubahan pemegang saham pengendali ARTO: Bank Artos (ARTO) resmi berganti pemilik




TERBARU

Close [X]
×