kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trader pemula cenderung berspekulasi menggunakan feeling dan analisa terbatas


Rabu, 17 Februari 2021 / 14:57 WIB
Trader pemula cenderung berspekulasi menggunakan feeling dan analisa terbatas
ILUSTRASI. Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Jakarta, Kamis (11/2/2021)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tanpa berbekal pengalaman dan edukasi pengetahuan yang mumpuni, investor ataupun trader di pasar modal pemula cenderung berspekulasi menggunakan feeling dan analisa terbatas. Sebagian lainnya ada yang harus mengandalkan berlangganan rekomendasi saham hingga jutaan per bulan.

Sering kali investor atau trader pemula ini hanya mengikuti tren kenaikan pada saham-saham tertentu.

Lantaran hanya berdasarkan feeling, mereka tidak tahu apakah tren bakal berlanjut atau tidak sehingga banyak yang menjual padahal tren naik masih berlanjut atau terus melakukan pembelian sementara indikatornya sudah ada tanda balik arah.

Baca Juga: Cari penghasilan tambahan di masa pandemi, berikut 4 cara yang bisa Anda coba

Denny Huang CEO emiten.com mengatakan, kesalahan trader pemula lainnya adalah kesulitan dalam membuat trading plan yang efektif dan diikuti dengan emergency plan bila kondisi trading plan awal tidak sesuai ekspektasi. Perubahan tren itu wajar namun ada yang bersifat minor sesaat.

Oleh karena itu, lanjutnya, emiten.com terus  berinovasi menghadirkan fitur-fitur baru agar investor pemula dapat belajar sekaligus menekan risiko dalam melacak pergerakan trend di pasar saham.

Startup ini juga bakal memperpanjang program berlangganan akses premium 12 bulan hanya sebesar Rp 229.000. Berbagai analisa baik fundamental dan teknikal hingga analisa bandarmologi sampai value investing.

“Meskipun trading plan disusun dengan baik, banyak faktor yang tetap perlu dipertimbangkan terutama bila kita sudah berada dalam posisi. Pendapat kedua atau riset dari berbagai pihak diperlukan." ujar Denny Huang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/2).

Baca Juga: Bergerak tidak wajar, saham DMMX, AKSI, dan BNBA masuk UMA

Denny menjelaskan, emiten.com hanya sebatas platform aplikasi yang menyediakan idea pandangan riset banyak analisa atau lebih dikenal dengan marketplace riset dengan berbagai analis berpengalaman atau tersertifikasi.

“Dalam rencana terdekat, kami juga akan mengadakan promo puluhan akses gratis pada tanggal 1 maret mendatang lewat akun instagram agar lebih banyak yang terbantu,” pungkas Denny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×