kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,42   -14,31   -1.54%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tower Bersama (TBIG) Terbitkan Obligasi Rp 2,2 Triliun, Ini Besaran Kuponnya


Selasa, 26 Juli 2022 / 14:04 WIB
Tower Bersama (TBIG) Terbitkan Obligasi Rp 2,2 Triliun, Ini Besaran Kuponnya
ILUSTRASI. Pekerja melakukan pengecekan jaringan kabel optik di menara milik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) akan menerbitkan obligasi dengan nilai Rp 2,2 triliun. Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure Tahap IV Tahun 2022 ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure  dengan total nilai Rp 15 triliun.

Obligasi ini mengantongi peringkat AA+idn dari Fitch Ratings. Pada tahap keempat, emiten menara ini menawarkan obligasi dalam dua seri. Kedua seri terhitung sebagai obligasi dengan tenor pendek.

Obligasi seri A memiliki nilai pokok Rp 1,48 triliun. Obligasi dengan tenor 370 hari ini menawarkan tingkat bunga tetap 4,10%.

Obligasi seri B memiliki nilai pokok Rp 721,39 miliar. Obligasi dengan tenor 3 tahun ini menawarkan tingkat bunga 6,35%.

Baca Juga: Kongsi Boy Thohir, Edwin Soeryadjaya, dan Winato Kartono Makin Mesra

Berdasarkan informasi tambahan ringkas yang diterbitkan Senin (25/7), TBIG akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi untuk dipinjamkan ke anak usaha, PT Solu Sindo Kreasi Pratama untuk membayar seluruh kewajiban keuangan anak usaha sebesar US$ 57,5 juta. TBIG akan menggunakan sisa penerbitan sebesar US$ 89,6 juta kepada PT Tower Bersama untuk membayar sebagian kewajiban keuangan perusahaan ini.

TBIG menyebut, kedua pinjaman terkait dengan fasilitas pinjaman revolving dalam kesepakatan fasilitas US$ 275 juta tanggal 20 Januari 2021 yang akan dibayarkan kepada para kreditur melalui United Overseas Bank Limited sebagai agen.

Fasilitas pinjaman ini memiliki margin bunga 1,85% per tahun di atas Libor untuk kreditur dalam negeri dan 1,75% per tahun di atas Libor untuk kreditur luar negeri dan akan jatuh tempo pada Juni 2026.

Baca Juga: Bersama Digital Gelar Tender Offer Sukarela TBIG, Maksimal Transaksinya Rp 7,95 T

 

Tower Bersama menunjuk enam penjamin pelaksana emisi obligasi, yakni Indo Premier Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, DBS Vickers Sekuritas Indonesia, UOB Kay Hian Sekuritas, OCBC Sekuritas Indonesia, dan Trimegah Sekuritas Indonesia. Aldiracita Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin emisi obligasi.

Masa penawaran umum obligasi akan berlangsung pada 5-8 Agustus 2022. Penjatahan obligasi dilakukan pada 9 Agustus 2022. TBIG akan mengembalikan uang pemesanan sekaligus mendistribusikan obligasi secara elektronik pada 11 Agustus. Pada 12 Agustus, TBIG akan mencatatkan obligasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sekadar informasi, TBIG telah menerbitkan obligasi total Rp 4,85 triliun pada tiga tahap pertama. Dengan tambahan penerbitan tahap keempat, maka Tower Bersama masih bisa menerbitkan obligasi Rp 7,94 triliun untuk Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×