kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Tower Bersama Infrastructure (TBIG) siapkan dana untuk bayar obligasi jatuh tempo


Selasa, 07 Desember 2021 / 18:59 WIB
Tower Bersama Infrastructure (TBIG) siapkan dana untuk bayar obligasi jatuh tempo
ILUSTRASI. Pekerja melakukan perawatan menara (tower) telekomunikasi milik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) mengumumkan telah menyediakan dana untuk melunasi utang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat.

Dalam keterbukaan informasi, Direktur PT Tower Bersama Infrastructure Tbk Helmy Yusman menjelaskan, efek bersifat utang perusahaan yaitu obligasi berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure tahap II tahun 2020 seri A (obligasi ) akan jatuh tempo pada 12 Desember 2021 mendatang.

“Jumlah pokok obligasi sebesar Rp 295 miliar dan pembayaran atas bunga ke-4 obligasi, dengan ini kami sampaikan bahwa perseroan telah menyediakan dana untuk melunasi pokok dan bunga ke-4 obligasi tersebut kepada pemegang obligasi,” ujarnya dalam keterbukaan informasi.

Lebih lanjut, pelunasan pokok dan bunga ke-4 obligasi tersebut akan dilakukan dan didistribusikan melalui PT Kustodian Sentral Efek Indonesia sebagai agen pembayaran.

“Obligasi jatuh tempo pada 12 Desember 2021 akan dilunasi dengan obligasi rupiah,” katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (7/12).

Baca Juga: Tower Bersama (TBIG) menerbitkan obligasi untuk refinancing

Dalam catatan Kontan.co.id, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk berencana menerbitkan obligasi rupiah senilai Rp 1,45 triliun. Penerbitan surat utang ini merupakan tahap kedua dari Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure dengan total target dana Rp 15 triliun.

Obligasi yang direncanakan bakal terbit pada awal Desember 2021 ini targetnya memiliki kupon 3,6% per tahun dengan tenor satu tahun.

 

 

Kupon tersebut lebih rendah dari obligasi tahap pertama senilai Rp 1,2 triliun dengan tingkat bunga tetap 4,25% per tahun yang diterbitkan Agustus 2021 lalu. Manajemen TBIG mengungkapkan, dana obligasi rupiah ini akan digunakan untuk membayar kembali pinjaman perusahaan dalam mata uang dollar Amerika Serikat (AS).

Obligasi senilai Rp 1,45 triliun ini memperoleh Peringkat Nasional Jangka Panjang AA+ dengan prospek stabil dari Fitch Ratings Indonesia. Peringkat tersebut sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang TBIG karena utang ini merupakan kewajiban senior tanpa jaminan dari perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×