kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45975,16   -1,28   -0.13%
  • EMAS916.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tiga saham bakal dilepas BP Jamsostek, ini tanggapan analis


Sabtu, 25 September 2021 / 08:59 WIB
Tiga saham bakal dilepas BP Jamsostek, ini tanggapan analis
ILUSTRASI. Logo BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek

Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek akan melakukan aksi profit taking dengan menjual tiga saham dalam portofolionya.

Tiga saham itu adalah PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Langkah ini diperlukan untuk mengantisipasi potensi rugi (unrealized loss) yang selama ini membayangi. Asal tahu saja, pada Juli 2021 yang lalu, unrealized loss saham BP Jamsostek mencapai Rp 32,9 triliun dan reksadana mencapai Rp 8,1 triliun.

Pengamat Pasar Modal dari Asosiasi Analis Efek Indonesia Reza Priyambada mencermati, aksi profit taking dengan menjual ketiga saham itu dapat mempertipis unrealized loss BP Jamsostek.

Baca Juga: Mencermati Pilihan Saham BP Jamsostek

Adapun Reza meyakini, langkah BP Jamsostek untuk melepas ketiga saham itu merupakan bagian tanggung jawab BP Jamsostek yakni mengelola investasi sehingga menciptakan nilai tambah bagi pemilik dana.

Selain sudah mendapat nilai tambah, Reza menganggap BP Jamsostek juga sudah memperhitungkan realized profit yang diharapkan dari ketiga saham itu.

Sedikit gambaran, sejak awal tahun saham-saham itu memang bergerak menguat. Menurut catatan RTI Business, saham KRAS dan ITMG sudah terkerek masing-masing 20,33% ytd dan 33,21% ytd.

Adapun saham SIMP sejak awal tahun masih sama dengan hari ini, akan tetapi selama setahun terakhir sudah terkerek hingga 29,63%.

Asal tahu saja, per penutupan perdagangan hari ini, Jumat (24/9), harga saham KRAS berada di Rp 515 per saham, ITMG di Rp 18.450 per saham, dan SIMP di Rp 420 per saham.

Walau ketiganya akan dilakukan profit taking, Reza mencermati, ketiga saham itu sebenarnya masih bisa menguat hingga akhir tahun. Apalagi di akhir tahun terdapat momentum windows dressding.

Baca Juga: BP Jamsostek lepas saham KRAS, ITMG, SIMP, lalu incar AALI dan LSIP, ini kata analis

Adapun KRAS memungkinkan naik menyentuh harga Rp 600 per saham, ITMG bisa naik ke Rp 22.000 per saham, dan SIMP naik ke Rp 515 per saham.

Selain melepas beberapa saham, BP Jamsostek juga akan membeli saham ketika harga turun agar rata-rata harga sahamnya lebih rendah. Saham yang dibeli adalah PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) dan PT PP London Sumatera Indonesia Tbk (LSIP).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×