kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga jalan tol Jasa Marga (JSMR) akan selesai dan beroperasi di akhir tahun 2019


Rabu, 21 Agustus 2019 / 21:36 WIB

Tiga jalan tol Jasa Marga (JSMR) akan selesai dan beroperasi di akhir tahun 2019
ILUSTRASI. ARUS MUDIK DI GERBANG TOL CIKAMPEK UTAMA

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menegaskan akan ada tiga jalan tol yang akan selesai akhir tahun 2019 dan segera beroperasi

Tiga ruas jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi Singosari-Malang, Jakarta-Cikampek II Elevated, dan Balikpapan-Samarinda. 

"Untuk Jakarta-Cikampek II Elevated saat Natal dan Tahun Baru bisa beroperasi," jelas Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (21/8). 

Kendati begitu, mengenai tarif tol Jakarta-Cikampek, Donny tak banyak komentar. Dia menunggu keputusan pemerintah. Sementara itu dia memastikan tiga ruas tol lain akan mengalami kenaikan tarif. 

Baca Juga: Rugi Rp 310,18 miliar di semester I, ini yang akan dilakukan Salim Ivomas (SIMP)

Tiga ruas tol tersebut adalah Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Tangerang Dalam dan Tol Dalam Kota. "Beberapa ruas (penyesuaian tarif) sebetulnya by schedule," imbuh Donny. 

Asal tahu saja, kenaikan tarif tol tersebut mengacu pada Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004. Peraturan tersebut mengatur penyesuaian tarif dilaksanakan setiap dua tahun oleh Badan Usaha Jalan Tol. Dalam pasal 3 tertulis evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan laju inflasi. 

Evaluasi tersebut mempertimbangkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang harus dipenuhi Jasa Marga seperti kondisi jalan tol, kecepatan rata-rata tempuh, aksesibilitas, keselamatan, dan unit pertolongan. 

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) optimistis dapat capai target 1.200 km jalan tol tahun ini


Reporter: Benedicta Prima
Editor: Yoyok
Video Pilihan


Close [X]
×