kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.830
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS614.076 0,33%

Tiga indeks sektoral saham masih leading terhadap IHSG

Senin, 12 Maret 2018 / 11:25 WIB

Tiga indeks sektoral saham masih leading terhadap IHSG
ILUSTRASI. Chart RRG Daily 10 Maret 2018



Berita Terkait

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah fluktuasi bursa saham saat ini, tiga indeks sektoral saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih berada di kuadran leading. Chart harian Relative Rotation Graph (RRG) per Jumat (10/3) versi Bloomberg menunjukkan ketiga sektor itu adalah: sektor pertanian, infrastruktur dan transportasi, serta sektor industri dasar dan kimia. 

Meski demikian ketiga sektor tersebut memiliki arah gerak yang berbeda. Indeks sektor industri dasar dan kimia malah hampir menyeberang ke kuadran weakening. Sektor infrastruktur dan transportasi bergerak mendatar cenderung landai. Adapun sektor pertanian, meski masih jauh dari perbatasan kuadran weakening, arahnya menukik cukup tajam.


Di kuadran weakening, dua indeks sektoral seolah berancang-ancang hendak memasuki kuadaran lagging. Namun demikian arah kurva indeks properti dan indeks keuangan ini mendongak ke atas, seolah ingin langsung menuju kuadran improving.

Penghuni kuadran lagging cuma ada indeks sektor pertambangan. Kurva sektor ini bahkan sudah menyentuh batas dasar "kuadran terlemah" ini.

Di kuadran improving bertengger tiga indeks sektor yang lain: aneka industri, industri barang konsumsi, dan perdagangan. 

Dari ketiganya, sektor barang konsumsi tampak berbalik arah seolah hendak menuju perbatasan kuadran lagging lagi. Adapun sektor perdagangan hampir menyeberangi perbatasan menuju kuadran leading. Sedangkan sektor aneka industri boleh dibilang baru memasuki kuadran ini dengan arah gerah tajam ke atas.

Memetakan pasar secara relatif

Relative Rotation Graph adalah salah satu alat (tools) untuk memetakan harga pergerakan instrumen keuangan dalam sebuah pasar atau bursa. Tools temuan Julius de Kempenaer, seorang profesor asal Belanda, ini memetakan pergerakan market ke dalam empat area kuadran: leading, lagging, weakening, dan improving.

Tools ini bisa digunakan untuk membandingkan secara relatif tren harga dan momentum sebuah instrumen terhadap instrumen lain yang menjadi acuan (benchmark). 

Dengan menggunakan menu RRG di Terminal Boolmberg, KONTAN.co.id mencoba memetakan posisi relatif indeks-indeks sektoral di BEI terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) per Jumat, 10 Maret 2018. Hasilnya, ya, seperti yang terungkap pada bagian artikel di atas . 

Sektor-sektor yang berada di kuadran leading berarti secara relatif lebih unggul ketimbang IHSG. Tren naik yang mereka alami saat ini masih memiliki peluang untuk terdorong lebih kuat lagi.

Sektor-sektor yang berada di kuadran weakening masih memiliki tren positif dibandingkan dengan IHSG, tapi mulai kehilangan tenaga. Kemungkinan tren akan segera berubah.

Akan halnya sektor yang berada dalam area lagging berarti, dibandingkan pergerakan IHSG, sedang berada pada tren menurun sekaligus kehilangan momentum. Malah, di kuadran ini ada kemungkinan tren menurun masih akan berlanjut. 

Lalu sektor-sektor yang berada di kuadran improving berarti meski pergerakan harganya masih kalah dibanding IHSG, mulai menunjukkan momentum positif untuk berbalik arah mengunggulinya.

Nah, itu tadi hasil pemetaan dengan data harian. Bagaimana kalau data yang digunakan untuk menganalisis merupakan data mingguan? Ternyata peta berubah.

Chart RRG Weekly 10 Maret 2018

Dia area leading terdapat indeks industri dasar dan kimia, serta indeks pertambangan. Area weakening dihuni sektor indeks keuangan dan barang konsumsi. 

Kuadran improving memuat indeks pertanian, infrastruktur, perdagangan, dan properti. Keempatnya menunjukkan arah kurva mendongak ke atas.

Lantas sektor apa yang menghuni kuadaran lagging? Kali ini ada indeks aneka industri.


Reporter: Hasbi Maulana
Editor: Hasbi Maulana

BURSA EFEK INDONESIA / BEI

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0195 || diagnostic_api_kanan = 0.2746 || diagnostic_web = 1.0491

Close [X]
×