kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,22   12,92   1.59%
  • EMAS1.026.000 -2,84%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Terseret sengketa warisan Eka Tjipta, harga saham emiten Grup Sinar Mas ikut merosot


Selasa, 14 Juli 2020 / 10:53 WIB
Terseret sengketa warisan Eka Tjipta, harga saham emiten Grup Sinar Mas ikut merosot
ILUSTRASI. Eka Tjipta Widjaja, pendiri Grup Sinar Mas/1996/Pho.Lukas Ferdinand.

Reporter: Sandy Baskoro, Titis Nurdiana | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sengketa warisan mendiang Eka Tjipta Widjaja, pendiri Grup Sinar Mas, berbuntut panjang. Kisruh tersebut turut menyeret harga saham emiten yang terafiliasi dengan Grup Sinar Mas di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Ini gugatan lengkap Freddy Widjaya, anak taipan Eka Tjipta dan penjelasan Sinar Mas

Maklumlah, penggugat Freddy Widjaja meminta bagian dari aset-aset yang dinilai sebagai warisan Eka Tjipta, termasuk tujuh aset emiten yang mencatatkan sahamnya di BEI, baik yang terafiliasi dengan Grup Sinar Mas maupun emiten yang masuk dalam gugatan.

Ketujuh emiten itu adalah PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR), PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA), PT Bank Sinar Mas Tbk (BSIM).

Kemudian PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (MCOR), serta PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

Perebutan harta warisan ini bermula ketika Freddy Widjaja, salah satu anak Eka Tjipta Widjaja menggugat lima kakak tirinya. Freddy menuntut hak warisan atau wasiat sang ayah di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Baca Juga: Gugat 5 kakak tirinya, anak Eka Tjipta tuntut separo harta warisan ratusan triliun

Mengutip situs Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Freddy menggugat hak waris/wasiat kepada lima saudara tirinya. Mereka yang tergugat adalah Indra Widjaja alias Oei Pheng Lian, Teguh Ganda Widjaja alias Oei Tjie Goan, Muktar Widjaja alias Oei Siong Lian, Djafar Widjaja alias Oei Piak Lian dan Franky Oesman Widjaja alias Oei Jong Nian.

Pada pembukaan transaksi di BEI pagi ini, harga saham empat dari tujuh emiten yang terafilisasi Grup Sinar Mas maupun emiten yang masuk dalam materi gugatan, langsung melorot.

Harga saham SMAR merosot 6,95% menjadi Rp 3.080 per saham di awal transaksi. Harga TKIM dan INKP menyusut masing-masing 3,16% dan 1,62% menjadi Rp 6.900 dan Rp 7.600 per saham.

Adapun harga saham BSIM melorot 4,62% menjadi Rp 496 per saham. Sedangkan saham SMMA bergerak mendatar dan harga MCOR fluktuatif. Sementara saham GEMS tak ditransaksikan.

Selain itu, harga saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) juga bergerak fluktuatif. BSDE memang tak termasuk dalam aset yang disengketakan. Namun BSDE terafiliasi dengan Sinar Mas Land yang masuk dalam materi gugatan Freddy.

Baca Juga: Sebelum jadi rebutan, harta Eka Tjipta Widjaja pernah yang terbesar se-Indonesia

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×