kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun ini, PAM Mineral (NICL) targetkan laba tumbuh hingga 263%


Jumat, 30 Juli 2021 / 07:57 WIB
Tahun ini, PAM Mineral (NICL) targetkan laba tumbuh hingga 263%
ILUSTRASI. Pertambangan nikel PT PAM Mineral Tbk (NICL).


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen nikel, PT PAM Mineral Tbk (NICL) akan makin memoles kinerjanya di sepanjang tahun ini. Setelah berhasil mencatatkan keuntungan di 2020 dari yang sebelumnya merugi, di tahun ini NICL percaya diri dapat mencatatkan kenaikan laba hingga 263% yoy. 

Ruddy Tjanaka, Direktur Utama PAM Mineral memaparkan, manajemen perusahaan memprediksi penjualan di sepanjang 2020 senilai Rp 195,44 miliar dan laba komprehensif periode berjalan sebesar Rp 28,45 miliar. Kinerja ini lebih baik dibandingkan 2019 karena kala itu NICL masih mencatatkan kerugian komprehensif sebesar Rp 14,07 miliar di tahun 2019.

Ruddy mengatakan, laba usaha di sepanjang tahun lalu bisa tumbuh cukup signifikan karena kenaikan pendapatan penjualan dari anak perusahaan, PT Indrabakti Mustika (IBM).  

"Di sepanjang tahun ini, kami memproyeksikan volume penjualan mencapai 1.800.000 metric ton (MT) atau naik 87,04% dari realisasi penjualan pada 2020 sebesar 695.034 metric ton," jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (30/7). 

Baca Juga: Dana IPO PAM Mineral (NICL) untuk Ekspansi

Seiring dengen pertumbuhan volume penjualan di tahun ini, manajemen NICL memproyeksikan dapat meraih laba bersih sebesar Rp 103 miliar,  atau melonjak hingga 263,46% yoy dari  laba bersih konsolidasi tahun 2020 yang senilai Rp 28,45 miliar. 

 

Ruddy optimistis bisnis nikel ke depan cukup menjanjikan, seiring dengan tingginya permintaan bijih nikel di pasar domestik serta kecenderungan harga nikel yang semakin meningkat. Terlebih, pemerintah sedang mengembangkan industri dan ekosistem kendaraan listrik melalui pembentukan holding BUMN baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC), yang bekerjasama dengan produsen mobil listrik dunia, LG Chem (Korea) dan CATL (China).

Pabrik baterai tersebut ditargetkan untuk mulai beroperasi pada 2023. Karena itu, nikel berkadar rendah akan banyak dibutuhkan untuk campuran dengan jenis logam Cobalt sebagai bahan baku baterai. Di sisi lain, permintaan bijih nikel berkadar tinggi juga terus meningkat, terutama karena adanya industri pengolahan atau smelter. 

Dengan eksplorasi yang terus menerus dilakukan, PAM Mineral percaya diri,  dapat memiliki sumberdaya 28 juta ton lebih bijih nikel. Dari 28 juta bijih nikel tersebut, lanjut Ruddy, tidak semua memiliki kadar tinggi namun juga terdapat bijih nikel dengan kadar rendah. Selain bijih nikel kadar tinggi, NICL juga telah melakukan penjualan bijih nikel kadar rendah ke smelter yang ada.

Manajemen PAM Mineral juga telah menyiapkan rencana jangka menengah dan panjang. Ruddy memaparkan, NICL berencana akan menambah cadangan dengan cara mengakuisisi ataupun mencari tambang baru. Dengan demikian, pertumbuhan kinerja perseroan bisa lebih tinggi lagi ke depannya.

Baru-baru ini, PT PAM Mineral Tbk melangsungkan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) dengan melepas sebanyak dua miliar saham kepada publik. Besaran saham itu setara dengan 20,7% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Dengan harga IPO sebesar Rp 100 per saham, perseroan menerima dana segar Rp 200 miliar. 

Selanjutnya: Industri Nikel Menjanjikan, NICL Membidik Produksi 1,8 Juta Ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×