Reporter: Amalia Fitri | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) tahun ini menargetkan pendapatannya tumbuh sebesar 6% dari tahun lalu, menjadi Rp 2,5 triliun dan laba bersih sebesar Rp 52,0 miliar. Untuk mencapainya, perusahaan telah menyiapkan belanja modal guna mendukung ekspansi.
Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk Meshvara Kanjaya mengatakan, perusahaan menyiapkan dana belanja modal senilai Rp 75 miliar tahun ini yang berasal dari kas internal untuk membangun delapan toko, renovasi tiga toko, serta pengembangan sistem IT.
"Sampai April 2019, perusahaan sudah menghabiskan dana Rp 24 miliar untuk pembangunan gerai baru. Tahun ini, kami berencana akan membuka delapan toko baru, yakni tujuh Farmers Market di Jakarta dan sekitarnya, daerah Sawangan, Pekanbaru, dan Ambon. Serta The Gourmet by Ranch Market di Surabaya yang memadukan konsep supermarket dengan F&B," jelas Meshvara, Jumat (24/5).
Ia menyebut hingga kuartal I-2019, pihaknya dapat mencapai target yang ditetapkan.
"Dapat disimpulkan semua berjalan sesuai rencana. Pada Kuartal I 2019, kami berhasil mendapatkan penjualan sebesar Rp 588 miliar, angka ini melebihi target awal sekitar Rp 9 miliar," tuturnya.
Menilik laporan keuangan RANC di kuartal I 2019, RANC memperoleh peningkatan penjualan sebesar Rp 2,73% menjadi Rp 588 miliar dari periode yang sama tahun lalu Rp 571,69 miliar.
Laba perusahaan ikut terkerek 25,3% menjadi Rp 11,88 miliar dari Rp 9,48 miliar pada kuartal I-2018.
Sampai kuartal I-2019, perusahaan lisensi Ranch Market dan Farmers Market ini sudah membuka satu gerai Farmers Market di Pekanbaru dan The Gourmet by Ranch Market di Surabaya.
Lebih lanjut, RANC menyebut pihaknya belum berencana untuk menaikkan harga produk tahun ini. Namun kebijakan tersebut diberlakukan setelah perusahaan menimbang laba perusahaan dan pendapatan. "Kami pikir harga yang sudah kami tawarkan saat ini adalah yang terbaik," jelasnya.
Meshvara menambahkan, lonjakan penjualan buah kurma, membuat pihaknya berencana untuk menjualnya di luar bulan Ramadan. "Sebenarnya kenaikan bulan Ramadan tak bisa disebut tren dan tak terlalu tinggi. Kenaikan bisa mencapai sekitar 15%. Namun melihat penjualan kurma, kami ingin buah tersebut terus dikonsumsi di luar Ramadan bahkan juga non-muslim,. Kami punya kurma premium terbaik," tambahnya.
Sebagai informasi, pada 2018, RANC memiliki total 37 gerai yang terdiri dari 15 gerai Ranch Market dan 22 Farmers Market. Pendapatan terbesar didapat dari Farmers Market sebesar 58,5% sementara Ranch Market sebesar 41,5% atau sekitar Rp 1,37 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News