kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sumber Global Energy (SGER) Dirikan Anak Usaha Baru


Rabu, 22 November 2023 / 18:17 WIB
Sumber Global Energy (SGER) Dirikan Anak Usaha Baru
ILUSTRASI. Bongkar muat batubara?PT Sumber Global Energy Tbk (SGER).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) mendirikan anak perusahaan baru. Pada Senin (20/11), SGER membentuk badan usaha baru di Indonesia dengan nama PT Sumber Biomassa Indonesia.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (22/11), Direktur Utama SGER Welly Thomas menyebut, entitas anak ini bergerak dalam bidang perdagangan cangkang sawit, pelet kayu, dan bahan baku minyak sawit.

“Aksi korporasi ini berdampak pada peningkatan kinerja Sumber Global Energy,” tulis Welly dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (22/11).

Baca Juga: Simak Jadwal Pembagian Dividen Saham Sumber Global Energy (SGER)

Emiten yang bergerak di bidang perdagangan (trading) batubara ini memang sedang gencar melakukan diversifikasi bisnis ke segmen nonbatubara. Misalkan, SGER merambah bisnis energi baru terbarukan (renewable energy) dengan melakukan penjualan hasil olahan wood pellet (pelet kayu).

Berkolaborasi dengan entitas Grup Sampoerna, yakni PT Sumber Graha Sejahtera, SGER telah melakukan perjanjian melalui anak usahanya yakni Hineni Resources Pte Ltd selaku pembeli dan PT Sumber Graha Sejahtera selaku penjual pada Mei 2023 lalu.

Dalam perjanjian tersebut, Hineni Resources sepakat untuk membeli 250.000 ton wood pellet per tahun. Hineni Resources akan membeli wood pellet yang diproduksi oleh PT Sumber Graha Sejahtera untuk jangka waktu lima tahun, terhitung sejak tahun produksi pertama dengan kapasitas produksi minimal 250.000 ton per tahun.

Baca Juga: Anak Usaha SGER Bakal IPO, Bidik Dana Segar Rp 200 Miliar

Jumlah ini setara dengan 1.250.000 ton wood pellet yang akan dikirim merata dalam 60 bulan kalender. Kuantitas untuk setiap pengapalan (pengiriman) akan dikenakan batas volume plus-minus 10%. Pengiriman pertama diestimasikan dilakukan Juni 2024, dengan volume pengiriman 20.000 ton sampai 25.000 ton per bulan.

Salah satu pasar yang dibidik SGER dalam memasarkan wood pellet ini adalah Jepang. Nantinya, wood pellet bisa dipasarkan baik secara langsung maupun atau tidak langsung, melalui perusahaan trader asal Jepang.

Saat ini, SGER sedang dalam tahap pembahasan dengan Perusahaan konglomerasi besar asal Jepang untuk menjual wood pellet dengan kontrak 15 tahun. Dari penjualan wood pellet ini, SGER mengestimasi adanya angka tambahan penjualan hingga US$ 40 juta per tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×