kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,15   -3,09   -0.31%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apresiasi Pemegang Saham, Sumber Global Energy (SGER) Akan Bagikan Dividen Saham


Kamis, 21 September 2023 / 14:11 WIB
Apresiasi Pemegang Saham, Sumber Global Energy (SGER) Akan Bagikan Dividen Saham
ILUSTRASI. PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) berencana membagikan dividen saham ke pemegang saham.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin, 30 Oktober 2023. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah persetujuan pembagian dividen saham.

Dividen saham ini akan diambil dari saldo laba tahun buku 2022. Adapun besaran dividen saham yang akan diterima pemegang saham SGER akan diumumkan kemudian oleh SGER melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pembagian dividen saham merupakan agenda rutin SGER sejak melakukan initial public offering (IPO). Sebelumnya, SGER juga telah membagikan dividen saham dan saham bonus kepada pemegang saham pada 2021 dan 2022.

Direktur Utama Sumber Global Energy Welly Thomas mengatakan, pembagian dividen saham ini selain untuk memperkuat struktur permodalan juga merupakan bentuk apresiasi SGER atas kepercayaan investor terhadap fundamental perusahaan.

“Melalui pembagian dividen saham ini, kami berharap bisa menambah kepercayaan investor dan rasa memiliki terhadap Sumber Global Energy. Sebab, kepercayaan investor adalah modal terbesar bagi SGER untuk melakukan ekspansi dan aksi korporasi ke depan,” kata Welly, Kamis (21/9).

Baca Juga: Laba Sumber Global Energy (SGER) Capai Rp 612,87 Miliar pada Semester I

Selain agenda pembagian dividen saham, RUPSLB Sumber Global Energy juga akan membahas persetujuan peningkatan modal dasar perseroan. Adapun daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPSLB (recording date) jatuh pada 5 Oktober 2023, sedangkan pemanggilan RUPSLB akan dilakukan pada 6 Oktober 2023.

Sebelumnya, emiten yang bergerak di bisnis trading batubara ini, telah membagikan dividen interim untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023. Dividen interim yang dibagikan sejumlah Rp 115,013 miliar yang berasal dari laba bersih periode yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2023.

Pembagian dividen ini berdasarkan keputusan Rapat Direksi tanggal 23 Agustus 2023. Direksi SGER telah menyetujui dan memutuskan untuk membagikan dividen interim, sehingga setiap pemegang satu saham SGER akan mendapat dividen Rp 28 per saham.

Cum dividen interim di pasar reguler dan negosiasi telah jatuh pada 4 September 2023, dan pembagian dividen akan dilakukan pada 22 September 2023.

“Dividen interim ini juga merupakan apresiasi bagi pemegang saham. Kinerja cemerlang yang dibukukan SGER saat ini tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan investor,” kata Welly.

SGER berhasil mencatatkan peningkatan kinerja sepanjang semester pertama 2023. SGER membukukan laba bersih senilai Rp 612,87 miliar. Realisasi tersebut meningkat 29,58% dari laba bersih pada periode yang sama tahun lalu senilai Rp 472,94 miliar.

Bersamaan, pendapatan SGER melesat 72,51% menjadi Rp 6,03 triliun. Sebagai perbandingan, pendapatan SGER pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 3,5 triliun.

Welly meyakini, kinerja SGER tahun ini akan jauh lebih baik dari tahun lalu. Estimasi tersebut berkaca pada sejumlah kontrak yang diraih SGER dengan jumlah fantastis belakangan ini.

Pertama, kontrak kerjasama dengan Vosco Maritime Service Joint Stock Company (VOMASER) untuk suplai batubara di Vietnam, dengan potential revenue hingga US$ 60,63 juta

Kedua, kerjasama penjualan batubara ke Vietnam Oil and Gas Group untuk operasional secara komersial pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Song Hau 1 di Vietnam. Kontrak ini memiliki nilai sekitar Rp 2,87 triliun.

Ketiga, bersama entitas Grup Sampoerna yakni PT Sumber Graha Sejahtera, SGER  melakukan penjualan hasil olahan wood pellet (pelet kayu). Dari penjualan wood pellet ini, SGER mengestimasi adanya angka tambahan penjualan hingga US$ 40 juta per tahun.

“Dengan proyeksi peningkatan kinerja SGER, kami berkomitmen untuk tetap selalu mengupayakan pembagian dividen, baik dividen saham maupun dividen tunai secara rutin kepada pemegang saham untuk memberikan nilai tambah serta meningkatkan kepercayaan investor,” imbuh Welly.

Baca Juga: Sumber Global Energy (SGER) Dapat Kontrak Penjualan Batubara di Vietnam

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×