kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Staking Kripto Menjadi Cara Tetap Untung Investasi Kripto di Segala Kondisi


Selasa, 08 Maret 2022 / 06:33 WIB
Staking Kripto Menjadi Cara Tetap Untung Investasi Kripto di Segala Kondisi
ILUSTRASI. Perkembangan pasar aset kripto memungkinkan investor meraup pendapatan secara pasif.


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan pasar aset kripto memungkinkan investor meraup pendapatan secara pasif tanpa melakukan trading dan mining kripto. Kesempatan cuan secara pasif di pasar aset kripto dapat diperoleh dengan melakukan staking. Bahkan keuntungan bisa tetap didapat meski kinerja pasar aset kripto sedang menurun. 

Pertumbuhan kinerja aset kripto saat ini stagnan cenderung menurun. Mengutip laman coinmarketcap, harga bitcoin menurun sekitar 18% secara year to date ke US$ 38.277 per btc. Sentimen negatif datang dari perang geopolitik Rusia dan Ukraina serta kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) yang membuat ketidakpastian meningkat. 

Alternatif investasi staking kripto bisa jadi pilihan. Secara sederhana, staking mirip dengan deposito. Jadi, investor harus mengunci atau menyimpan aset kripto pada jaringan atau platform dan periode tertentu. Selanjutnya, prtokol dari masing-masing koin akan memberikan bunga atau reward sebagai keuntungan investor atas aset kripto yang investor simpan. 

Baca Juga: Alternatif Investasi Staking Kripto untuk Dapat Keuntungan Pasif

CEO Triv Gabriel Rey mengatakan dulu ketika kinerja aset kripto menurun, investor hanya bisa hold tanpa mendapatkan keuntungan. Namun, perkembangan konsep pasar kripto dari Proof of Work (PoW) menjadi Proof of Stake (PoS) memungkinkan investor untuk tetap mendapatkan keuntungan di segala kondisi pasar.

"Sekarang investor bisa hold koin kripto sambil melakukan staking, potensi keuntungannya jadi dua, disimpan lalu dapat bunga dan disimpan hingga harga koin tersebut nantinya naik," kata Gabriel, Senin (7/3). 

Menurut Gabriel, staking merupakan cara ideal untuk membuat pergerakan harga koin stabil atau membantu ekosistem protokol koin semakin secure

Baca Juga: Harga Bitcoin Jatuh ke Level US$ 37.000, Penurunan Masih Bisa Berlanjut?

Di Triv, staking bisa dilakukan terhadap lebih dari 25 koin. Gabriel mencatat staking koin Axie Infinity (AXS) bisa memberi bunga hingga 65% per tahun. Besar kecilnya bunga yang diberikan bergantung pada prtokol koin masing-masing dan faktor kepopuleran koin. 

"AXS jadi koin nomor satu di dunia NFT dan permainan metaverse, koin dengan tema serupa berpotensi memberikan bunga lebih tinggi karena kinerja blockchain mereka sedang moncer," kata Gabriel. Besara modal untuk melakukan staking di Triv adalah mulai dari Rp 50.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×