kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Spread surat utang negara (SUN) seri FR dan INDON menarik investor asing


Rabu, 17 Juni 2020 / 19:52 WIB
Spread surat utang negara (SUN) seri FR dan INDON menarik investor asing
ILUSTRASI. Ilustrasi foto Obligasi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sentimen positif membanjiri pasar obligasi baik untuk Surat Utang Negara (SUN) dengan seri FR maupun obligasi pemerintah berdenominasi dolar AS (INDON). Spread yield kedua surat utang itu dengan yield US Treasury pun menarik investor asing untuk masuk. Ini pertanda bagus bagi pasar obligasi.

Di bulan Mei lalu, pasar obligasi membukukan arus dana asing masuk sebesar Rp 6,9 triliun. Kondisi tersebut membuat yield obligasi pemerintah denominasi rupiah tenor 10 tahun turun dari 7,9% ke 7,3%.

Baca Juga: Utang pemerintah jadi tumpuan perekonomian saat ini

Head of Fixed Income Schroders Indonesia, Soufat Hartawan, mengatakan, hal tersebut berarti selisih yield antara SUN dan US Treasury saat ini berkisar di 650 basis pon atau jadi tertinggi dalam lima tahun terakhir.

"Tentu saja selisih yang sangat besar tersebut menjadi perhatian investor global dan mereka menunggu momen yang tepat terutama pada saat fluktuasi pasar melandai dan nilai tukar rupiah lebih stabil," kata Soufat.

Tidak hanya SUN yang kini terlihat menggiurkan di mata investor asing. Yield seri INDON30 juga bergerak turun dari 3,6% ke 2,6%. Hal tersebut membuat spread antara US Treasury yang berada di level 0,6% dan yield INDON dengan tenor 10 tahun menipis.

Baca Juga: Pemerintah akan lelang enam seri sukuk Selasa pekan depan, target indikatif Rp 7 T

"Spread saat ini berkisar 200 bps, sementara di awal tahun 2020 sebesar 100 bps," kata Soufat. Alhasil, dengan kata lain potensi kenaikan kinerja INDON30 pun masih ada sepanjang rating soverign tidak berubah.

Investor asing juga makin tertarik karena pemerintah masih menawarkan yield yang cukup tinggi dibandingkan dengan obligasi pemerintah negara lain.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×