kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soechi Lines menekan rugi selisih kurs


Selasa, 19 September 2017 / 07:20 WIB
Soechi Lines menekan rugi selisih kurs


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - PT Soechi Lines Tbk (SOCI) optimistis bisa menekan angka rugi selisih kurs. Pasalnya, sejak tahun lalu, SOCI telah melakukan konversi utang berdenominasi rupiah menjadi dollar Amerika Serikat (AS).

Paula Marlina, Direktur Keuangan SOCI, mengatakan, konversi utang dilakukan sebagai upaya lindung nilai. Konversi ke dollar AS dilakukan lantaran dalam menjalankan bisnis, SOCI banyak menggunakan mata uang ini. Alhasil, sejak 2017, SOCI tidak lagi mencetak forex gain atau forex loss yang jumlahnya besar.

"Faktor nilai tukar ini sudah makin kecil terhadap kinerja keuangan SOCI," ujar Paula kepada KONTAN, Minggu (17/9).

Dengan konversi utang, SOCI bisa mengurangi risiko akibat fluktuasi nilai tukar. Jika rupiah menguat, SOCI bisa mendapatkan potensi keuntungan nilai tukar dari fluktuasi itu. "Ini akan berpengaruh ke laba rugi perusahaan. Tahun ini, kami berharap rugi kurs makin mengecil," imbuh Paula.

SOCI memang mulai berhasil menekan angka rugi kurs. Hal ini terlihat dari laporan keuangan SOCI pada semester I-2017, di mana rugi kurs cuma US$ 20.166. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang kerugian kurs yang dibukukan pada periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 2,09 juta. Alhasil, laba bersih SOCI mampu melejit hingga 72,48% menjadi US$ 11,01 juta.

Selain itu, SOCI tidak lagi khawatir soal biaya operasional bahan bakar minyak. Paula mengatakan, selama ini model bisnis SOCI berupa time charter. Sehingga, konsumsi bahan bakar akan ditanggung oleh customer.

SOCI menganggarkan belanja modal US$ 50 juta hingga akhir 2017. Paula memperkirakan, sampai saat ini SOCI sudah menyerap belanja modal lebih dari US$ 30 juta untuk pembelian kapal.

Manajemen berharap bisa menjaga utilisasi kapal di atas 80%. SOCI membeli kapal medium range berkapasitas 40.000 deadweight tonnage (DWT). Tambahan kapal ini turut menambah total kapasitas bobot berat mati SOCI menjadi 1,61 juta. Dengan adanya penambahan armada tersebut, ditargetkan bisa turut mendongkrak pendapatan SOCI.konversi utang bisa mengurangi risiko fluktuasi nilai tukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×