kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Sinar Mas Agro Resources (SMAR) Pakai Dana Penerbitan Obligasi untuk Bayar Utang


Rabu, 10 Agustus 2022 / 20:29 WIB
Sinar Mas Agro Resources (SMAR) Pakai Dana Penerbitan Obligasi untuk Bayar Utang
ILUSTRASI. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) akan pakai dana hasil obligasi untuk bayar utang bank jangka panjang.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) bakal menggunakan seluruh dana hasil Obligasi Berkelanjutan IV SMART Tahap I Tahun 2022 untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka panjang perusahaan. 

Hal ini diungkapkan oleh Investor Relations SMAR, Pinta S. Chandra saat dihubungi Kontan.co.id pada Rabu (10/8).

“Dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi seluruhnya akan dipergunakan oleh Perseroan untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka panjang Perseroan yang merupakan angsuran pokok pada saat jatuh tempo dan sebagian pokok utang obligasi pada saat jatuh tempo,” ujar Pinta kepada Kontan.co.id, Rabu (10/8).

Baca Juga: Pengusaha Tolak Hasil Penyelidikan Kartel Minyak Goreng

Mengutip laporan keuangan interim SMAR per 30 Juni 2022, SMAR tercatat memiliki Utang  Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Jangka Panjang  yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun sebesar Rp 2,15 triliun per 30 Juni 2022, sementara utang bank dan lembaga keuangan lainnya jangka panjang SMAR setelah dikurangi bagian yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun tercatat sebesar Rp 5,40 triliun.

Sementara itu, utang obligasi jangka panjang yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun SMAR tercatat sebesar Rp 1,18 triliun per 30 Juni, sedang utang obligasi SMAR setelah dikurangi bagian yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun tercatat sebesar Rp 5,39 triliun per 30 Juni 2022.

Penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV SMART Tahap I Tahun 2022 sendiri merupakan bagian dari agenda Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV SMART dengan target dana hingga Rp 6 triliun.

Lewat penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV SMART Tahap I Tahun 2022, SMAR mengincar target dana Rp 1,5 triliun. Obligasi tersebut terdiri atas 3 seri, yakni Seri A, B, dan C.

Seri A memiliki nilai nominal Rp 560 miliar. Suku bunganya sebesar 4,75% dengan jangka waktu 370 hari. Seri obligasi ini akan jatuh tempo tanggal 16 Juli 2023 mendatang. Seri B memiliki nilai nominal Rp 538 miliar. Suku bunganya 7,00% dengan jangka waktu 3 tahun. Seri ini bakal jatuh tempo tanggal 6 Juli 2025.

Baca Juga: SMART (SMAR) Tawarkan Obligasi Rp 1,5 Triliun, Imbal Hasil Seri B dan Seri C Atraktif

Sementara itu, Seri C memilikji nilai nominal Rp 402 miliar. Suku bunganya 8,00%, jangka waktu 5 tahun. Seri obligasi ini bakal jatuh tempo pada 6 Juli 2027 nanti.

“Hasil penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV SMART Tahap I Tahun 2022 tersebut adalah sesuai dengan rencana yaitu Rp 1,5 triliun,” tutur Pinta.

Pinta belum merinci seperti apa rencana Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV SMART berikutnya. Pinta bilang, penerbitan obligasi dari sisa PUB IV ini akan tergantung dari kebutuhan Perseroan dan perkembangan kondisi pasar obligasi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×