kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak target kontribusi gadai emas ke pendapatan Hartadinata Abadi (HRTA) di 2021


Jumat, 09 April 2021 / 07:00 WIB
Simak target kontribusi gadai emas ke pendapatan Hartadinata Abadi (HRTA) di 2021


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bisnis gadai yang baru diluncurkan PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) dianggap belum akan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan. Dirut HRTA Sandra Sunanto memproyeksikan, layanan pegadaian yang baru saja resmi diluncurkan itu baru akan memberikan kontribusi sebesar 1% sampai 2% bagi perusahaan.

"Kami tidak muluk-muluk, di tahun 2021 kami ada beberapa outlet baru mendapat izin. Jadi proyeksi kami di 2021 memberikan kontribusi 1%-2% pendapatan bersih di 2021,” kata dia saat konferensi pers yang berlangsung virtual, Kamis (8/4).

Sebagai informasi, HRTA resmi meluncurkan outlet gadai emas melalui anak usahanya, PT Gemilang Hartadinata Abadi pada hari ini.

Hingga saat ini, perusahaan memiliki 54 unit pelayanan gadai emas yang mayoritas berada di wilayah Jawa Barat. Tahun ini, HRTA berekspansi Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sandra bilang, bahwa perusahaan melihat potensi bisnis yang cerah dari bisnis gadai sehingga diyakini dapat berkontribusi baik untuk keseluruhan pendapatan HRTA.

“Ini akan jadi tantangan sendiri bagi perusahaan untuk masuk ke bisnis gadai. Namun, ini satu unit bisnis yang potensial untuk kami tekuni, banyak potensi di Indonesia ke depan tidak gadai konvensional tapi ada produk lain,” ujar Sandra.

Baca Juga: Hartadinata Abadi (HRTA) luncurkan unit bisnis gadai emas, Gemilang Hartadinata Abadi

 

HRTA pun berusaha untuk melebarkan sayapnya di bisnis gadai emas ini dengan membidik pasar baru di Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta. Perusahaan pun berniat menambah outlet gadai emas ini hingga 100. 

Kinerja keuangan HRTA di tahun lalu pun cukup mentereng, Hingga kuartal III-2020, HRTA mengantongi kenaikan penjualan 31,28% year on year (yoy) menjadi Rp 3,15 triliun dari periode sama tahun lalu Rp 2,4 triliun.

Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk ikut terkerek menjadi Rp 134,10 miliar. Realisasi ini terkerek 14,52% yoy.

HRTA pun optimistis bisa mencatatkan pendapatan hingga Rp 3,4 triliun di tahun 2020. Adapun pada pada akhir tahun 2019, HRTA membukukan pendapatan Rp 3,24 triliun.

Selanjutnya: Hartadinata (HRTA) catat kinerja ciamik di kuartal III 2020 imbas kenaikan harga emas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×