kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hartadinata Abadi (HRTA) luncurkan unit bisnis gadai emas, Gemilang Hartadinata Abadi


Kamis, 08 April 2021 / 16:22 WIB
Hartadinata Abadi (HRTA) luncurkan unit bisnis gadai emas, Gemilang Hartadinata Abadi
ILUSTRASI. Logam mulia produksi PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA).


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen dan penyedia perhiasan emas, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) resmi berekspansi ke bidang gadai emas. Hal tersebut dilakukan melalui anak usahanya yakni PT Gemilang Hartadinata Abadi.

Direktur Utama Gemilang Hartadinata Abadi Cuncun Muliawan mengatakan, pengembangan bisnis ke gadai emas didasarkan kebutuhan ekonomi yang sangat besar.

Ia bilang, kebutuhan tersebut dinilai datang dari kelompok menengah ke bawah, seperti petani, nelayan, serta pemilik UMKM yang memerlukan modal usaha yang cepat dan mudah.

"Budaya masyarakat Indonesia yang gemar menabung dan berinvestasi logam mulia serta perhiasan emas juga menjadi salah satu faktor pendorong bisnis gadai ini. Mendekati Ramadhan dan Lebaran, kegiatan ini makin meningkat," jelas Cuncun dalam konferensi pers yang berlangsung virtual, Kamis (8/4).

Lebih lanjut, dia menyebut jika layanan gadai yang disiapkan Gemilang Hartadinata Abadi ini terbagi dalam enam pilihan yaitu gadai regular, gadai opsional, karisma, GHA-fidusia, jual beli LM HRTA, dan jasa penaksiran.

Cuncun menjelaskan, gadai Hartadinata Abadi memberikan persyaratan yang mudah, jasa titip murah dan tidak memberatkan, barang jaminan aman dan diasuransikan, serta waktu gadai yang sangat fleksibel (harian, mingguan dan bulanan).

Baca Juga: Hartadinata (HRTA) catat kinerja ciamik di kuartal III 2020 imbas kenaikan harga emas

 

Pertama, gadai regular merupakan layanan penyediaan dana cash dengan cara menjaminkan emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia dengan tenor maksimal 120 hari.

Kedua, gadai opsional adalah layanan gadai biasa yang menyediakan dana cash bagi nasabah yang memiliki perputaran dana cepat seperti usaha kecil dan dapat disesuaikan dengan jangka waktu pinjaman sesuai keinginan nasabah (harian, mingguan, bulanan). Jaminan dapat ditebus setiap saat jika nasabah berkehendak untuk melunasi. 

Ketiga, Karisma adalah kelompok arisan emas sebagai sarana edukasi dan literasi emas sebagai alat pelindung nilai bagi masyarakat.

Keempat, GHA-Fidusia adalah layanan fidusia bagi nasabah yang memiliki usaha mikro dan kecil dengan jaminan BPKB motor dan atau mobil. 

Kelima, jual Beli LM HRTA adalah layanan jual beli produk LM Hartadinata Abadi, dengan cara beli dan jual putus sehingga Perseroan mendapatkan fee based income.

Keenam, jasa penaksiran adalah jasa penilaian emas perhiasan atau logam mulia bagi masyarakat untuk mengetahui kadar emas perhiasan atau logam mulia yang dimiliki.

Hingga saat ini sudah ada 54 unit Gadai Hartadinata Abadi yang tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, NTB dan NTT. Selanjutnya HRTA berencana untuk memperluas jangkauan gadai hingga ke 100 outlet.

Sementara itu, mengenai investasi yang digelontorkan untuk membangun gerai Gadai Hartadinata, Cuncun mengatakan jika setiap daerah memiliki besaran yang berbeda.

"Tiap daerah memiliki nilai pembangunan yang berbeda sehingga perlu dilihat per daerahnya," jawab dia tanpa menyebutkan besaran investasinya.

Selanjutnya: Heboh karyawan KPK menilap barang bukti emas batangan 1,9 kilogram akhirnya dipecat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×