kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,25   5,92   0.66%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Strategi Bisnis Buyung Poetra Sembada (HOKI) di Tahun 2023


Sabtu, 18 Februari 2023 / 10:35 WIB
Simak Strategi Bisnis Buyung Poetra Sembada (HOKI) di Tahun 2023


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buyung Putra Sembada Tbk (HOKI) menyadari industri beras bakal menantang sepanjang tahun 2023. Maka dari itu, HOKI akan fokus melanjutkan upaya transformasi bisnis yang telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Direktur Buyung Putra Sembada Budiman Susilo mengatakan, bisnis beras tahun ini akan terdampak oleh potensi kenaikan harga-harga bahan pokok imbas penyesuaian harga BBM pada 2022 lalu dan peningkatan suku bunga acuan.

HOKI pun telah mengusung langkah transformasi sejak 2020 untuk menjadi perusahaan konsumer atau fast moving consumer good (FMCG). Hal ini melalui pembentukan anak usaha bernama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) yang meluncurkan produk-produk konsumer bermerek DailyMeal.

Selain itu, HOKI juga berinovasi untuk mengembangkan ketersediaan produk melalui pembuatan WarungKoki. Ini merupakan toko ritel berbasis online dan offline yang ditempatkan di lokasi yang dekat dengan area perumahan atau perkantoran.

Baca Juga: Laba Indosat (ISAT) Menyusut 30% Jadi Rp 4,72 Triliun pada 2022, Ini Pemicunya

“Kami juga memperkuat jalur distribusi di pasar tradisional, pasar modern, dan e-commerce,” ujar Budiman, Jumat (10/2).

Tak hanya itu, akhir tahun lalu HOKI juga membentuk anak usaha yang bergerak di bidang investasi, yaitu PT Hoki Investasi Sejati. Tujuan perusahaan ini untuk investasi di perusahaan publik yang memiliki fundamental bagus dan harganya relatif masih rendah. Sayangnya, Budiman tidak menyebut potensi kontribusi perusahaan ini terhadap pendapatan HOKI secara keseluruhan pada masa depan.

Terlepas dari tantangan yang mendera industri beras, HOKI masih cukup rajin merilis berbagai varian produk beras dalam beberapa waktu terakhir. Misalnya, akhir tahun lalu HOKI meluncurkan produk DailyMeal Nasi Jagung dan Nasi Singkong.

Produk ini menawarkan alternatif nasi yang lebih baik, karena terbuat dari jagung dan singkong alami dengan kandungan karbohidrat yang kompleks, bebas gula, dan punya indeks glikemik yang lebih rendah. “Produk ini cocok untuk masyarakat yang memiliki perhatian lebih terhadap gaya hidup lebih sehat,” ungkap dia.

Di samping itu, HOKI juga telah meluncurkan produk kreasi beras yang mengambil tema Warisan Kuliner Nusantara dengan merek DailyMeal Eats. Produk ini terdiri dari 3 varian kreasi beras dengan kemasan sekali masak, yaitu Nasi Uduk Gurih Wangi, Nasi Goreng Spesial Pedas, dan Nasi Kebuli.

DailyMeals Eats diklaim cocok untuk konsumen kalangan muda dengan gaya hidup modern dan praktis.

 

Lebih lanjut, Manajemen HOKI memastikan harga jual produk beras kemasan merek Topi Koki belum mengalami kenaikan selama 2023 berjalan. Ini mengingat HOKI menyesuaikan harga produknya dengan ketentuan harga eceran tertinggi (HET) dari pemerintah. Setali tiga uang, produk DailyMeal juga belum mengalami kenaikan harga.

“Strategi harga yang diterapkan merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk turut menjaga kepuasan pelanggan, baik dari pelanggan business to business (B2B) maupun business to consumer (B2C),” pungkas Budiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×