kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak sentimen penggerak IHSG awal pekan


Senin, 24 Maret 2014 / 08:34 WIB
Simak sentimen penggerak IHSG awal pekan
ILUSTRASI. Cara Buat Akun PPPK Guru 2022 di Daftar-sscasn.bkn.go.id, Simak Langkahnya.


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama pekan kemarin sempat tertekan. Lantas, bagaimana prediksi pergerakannya hari ini, (24/3)?

David Sutyanto, analis First Asia Capital menjelaskan, indeks bakal digerakkan sentimen kawasan dan global terkait isu kenaikan bunga The Fed yang lebih cepat dari perkiraan dan krisis Ukraina-Rusia. Ada juga sentimen soal memburuknya perkembangan ekonomi China tahun ini," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, Goldman Sachs memangkas proyeksi pertumbuhan China dari 7,6% menjadi 7,3% tahun ini. Sedangkan dari domestik, euforia Jokowi sebagai capres mulai meredup di pasar. Sebaliknya, pasar mulai rasional mencermati tantangan ekonomi domestik tahun ini.

Kendati demikan, dalam jangka pendek, pergerakan IHSG masih ditopang katalis positif rilis laba 2013 dan antisipasi pembagian dividen yang cukup besar yang dimotori emiten BUMN.

Jadi, diperkirakan indeks bakal bergerak fluktuatif dengan kecenderungan terkoreksi dengan range pergerakan ada di 4.669-4.730. Adapun saham yang menjadi rekomendasi hari ini adalah PGAS, INCO, KLBF, PTBA, ITMG, ADRO, dan UNVR.

Yuganur Wijanarko, Senior Research HD Capital memberikan gambaran serupa. Tapi menurutnya, sentimen negatif dari ketidakpastian The Fed menaikan suku bunga di 2015 dan pelemahan kembali rupiah hanya merupakan pause dalam minor uptrend baru yang terbentuk.

"Kami masih optimis akan adanya upswing kembali karena faktor trade surplus di bulan Februari belum terdiskon oleh pasar," ujar Yuganur.

Diprediksi, indeks akan bergerak pada range support 4.580-4.620 dan resistance 4.790-5.050. Yuganur merekomendasikan saham ACES, AISA, KLBF, dan PTPP.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×