kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Saham-Saham Top Picks Sejumlah Sekuritas Menjelang Akhir Tahun


Minggu, 10 September 2023 / 16:33 WIB
Simak Saham-Saham Top Picks Sejumlah Sekuritas Menjelang Akhir Tahun
ILUSTRASI. Pekerja berjalan di depan layar yang menampilkan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Sejumlah saham masih direkomendasikan menjadi pilihan utama alias top picks oleh analis di tengah moderasi pergerakan IHSG.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah saham masih direkomendasikan menjadi pilihan utama alias top picks oleh analis di tengah moderasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Selain memiliki potensi upside yang menarik, kinerja fundamental emiten-emiten ini masih akan bertumbuh.

Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Yanuar Hardy memprediksi ada tiga sektor yang menjadi pendorong pertumbuhan IHSG tahun ini. Ketiga sektor tersebut yaitu semen, otomotif, dan telekomunikasi.

Mobilitas masyarakat akan mendorong pembelian mobil dan motor. Perusahaan-perusahaan di sektor otomotif dan industri pendukungnya akan mengalami pertumbuhan yang signifikan tahun ini. Khusus motor, penjualan unit tahun ini diprediksi tumbuh lebih dari 30% dan diyakini akan tercapai.

Di sektor telekomunikasi, belanja komunikasi masyarakat diprediksi masih akan tumbuh meskipun tingkat pemakaian ponsel pintar di Indonesia sudah cukup tinggi. Potensi pertumbuhannya diprediksi masih cukup besar terutama karena operator telekomunikasi sedang menggodok konvergensi layanan fixed broadband dengan mobile data

Baca Juga: IHSG Turun 0,76% Sepekan Diiringi Net Sell Asing Rp 1,61 Triliun

Sementara di sektor semen, Robertus menilai, pulihnya tingkat konsumsi akan mendorong pertumbuhan sektor semen. Melemahnya harga komoditas dapat menguntungkan beberapa produsen bahan bangunan itu.

Robertus merekomendasikan trading buy saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan target harga Rp 5.100, buy  saham PT Astra International Tbk (ASII) dengan target harga Rp 7.500, dan buy saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dengan dengan target harga Rp 12.875.

Kepala Riset Ciptadana Sekuritas Arief Budiman menjadikan saham-saham yang masih berkinerja baik di sisa tahun ini sebagai top picks, seperti saham perbankan seiring dengan labanya yang solid. Di sektor perbankan, Ciptadana Sekuritas merekomendasikan buy saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan target harga Rp 6.250 dan buy saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dengan target harga Rp 11.300.

Arief merekomendasikan buy saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dengan target harga Rp 34.000 per saham. Saat ini, emiten rokok tersebut lebih berfokus pada peningkatan profitabilitas dan juga akan menjadi perusahaan yang memperoleh manfaat dari konsumsi jelang pemilu

Di sektor telekomunikasi, Arief merekomendasikan buy saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT)  dengan target harga masing-masing Rp 2.950 dan Rp 11.000. Sektor ini merupakan sektor yang biasanya bersifat defensif ketika pasar bergejolak.

Arief juga merekomendasikan buy saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dengan target harga masing-masing Rp 2.400 dan Rp 1.350. Kedua emiten ini diuntungkan dari kuatnya harga emas saat ini dan pesatnya perkembangan industri hilir.

Terakhir, Arief mempertahankan  rekomendasi buy saham PT Siloam Hospital Tbk (SILO) dengan target harga Rp 2.565. SILO menjadi emiten yang diuntungkan dari perubahan undang-undang pelayanan kesehatan yang baru.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Indonesia Prasetya Gunadi menilai ada sejumlah emiten yang berpotensi meraup cuan dari gelaran pemilu. Samuel Sekuritas masih memberikan rating overweight pada sektor-sektor yang berpotensi terdampak pemilu seperti telekomunikasi, consumer staples, dan perbankan.

Prasetya meyakini bahwa sektor-sektor ini dapat tumbuh pesat di paruh kedua 2023, didukung oleh kampanye pemilu yang akan turut mendorong konsumsi domestik

Ia merekomendasikan buy saham BMRI dengan target harga Rp 7.000, buy  BBNI dengan target harga Rp 11.500, buy ISAT dengan target harga Rp 11.500, dan buy saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)  dengan target harga Rp 13.000.

Samuel Sekuritas menyematkan rekomendasi buy saham MEDC dengan target harga Rp 1.600 dan buy saham PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) dengan target harga Rp 250. Samuel Sekuritas juga memasukkan saham PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), dengan rekomendasi buy dan dengan target harga Rp 1.900 per saham.

Baca Juga: Sekuritas Ramai-Ramai Memangkas Target IHSG Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×