kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak saham-saham infrastruktur yang bisa dilirik berikut


Selasa, 09 Oktober 2018 / 14:55 WIB
Simak saham-saham infrastruktur yang bisa dilirik berikut
ILUSTRASI. Buruh Konstruksi


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah masih mendorong laju pembangunan infrastruktur untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Pada 11 Oktober 2018, akan ditandatangani 21 proyek infrastruktur 12 BUMN dengan total nilai proyek sekitar US$ 13,6 miliar. 

Penandatanganan tersebut mencerminkan tingginya minat investor domestik dan luar negeri untuk berinvestasi pada sektor infrastruktur di Indonesia. Head of Research Astronacci International Anthonius Edyson menilai dari sisi teknikal, rata-rata saham sektor infrastruktur masih dalam tren bearish dan cenderung berlanjut melemah. Secara year to date, indeks sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi masih turun 14,16%, lebih besar daripada penurunan IHSG sebesar 9,36% pada periode yang sama.

"Kemungkinan upside jangka pendek ada, untuk rebound sementara. Infrastruktur cenderung melemah, kalaupun ada rebound mungkin bulan depan," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (9/10).

Untuk jangka panjang, Anthonius menilai prospek emiten infrastruktur masih cukup positif. Tahun politik 2019, juga dinilai tidak akan mengganggu prospek kinerja emiten infrastruktur tersebut. "Siapapun presidennya, infrastruktur tetap akan memiliki banyak proyek. Jadi 2019, seharusnya bisa baik untuk infrastruktur," ungkapnya.

Secara teknikal, sektor infrastruktur cenderung masih melemah. Bahkan, untuk jangka pendek saham infrastruktur dinilai belum layak jadi pilihan utama investor. Menurutnya, hanya beberapa emiten saja yang memiliki potensi kenaikan karena sudah memasuki area support.

"Ini artinya pelemahan mulai terbatas dan bersiap kembali rebound untuk jangka pendek bagi saham saham seperti PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Semen Indonesia (SMGR)," kata Anthonius.

Selain itu, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) juga sudah mengindikasikan adanya rebound di tengah saham infrastruktur lain yang cenderung bearish. Sedangkan PT United Tractors Tbk (UNTR) menarik untuk dipertimbangkan. "Karena sudah memasuki area dynamic support weekly. Idealnya ada peluang rebound," jelasnya.

Adapun rekomendasi Astronacci untuk saham UNTR yakni ada peluang naik sampai Rp 40.000 untuk jangka panjang, saham TLKM ada peluang ke area Rp 4.000 dan untuk JSMR ada peluang naik ke area Rp 5.000-Rp 5.200. Selain itu, SMGR juga masih cukup menarik, dengan potensi rebound ke area Rp 10.500 untuk bulan ini.

"WSKT dan WSBP masih bearish, kalau mau masuk bisa mulai lihat bulan depan. Saya tidak melihat faktor fundamental, hanya dari sisi teknikal saja masih cukup bearish hingga bulan depan untuk kedua saham tersebut," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×