kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rekomendasi Saham Bumi Serpong Damai (BSDE) yang Segera Terbitkan Obligasi


Jumat, 11 Maret 2022 / 17:30 WIB
Simak Rekomendasi Saham Bumi Serpong Damai (BSDE) yang Segera Terbitkan Obligasi
ILUSTRASI. Rekomendasi saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berencana menerbitkan obligasi dan sukuk dengan total nilai sebanyak-banyaknya sebesar Rp 1 triliun.

Obligasi yang akan diterbitkan pada kuartal I-2022 itu adalah Obligasi Berkelanjutan III Bumi Serpong Damai Tahap I Tahun 2022 sebanyak-banyaknya sebesar Rp 800 miliar. Obligasi ini telah mendapat rating idAA dari lembaga pemeringkat efek Indonesia atau Pefindo.

Emiten pengembang kota mandiri terbesar di Indonesia ini juga akan menerbitkan surat utang syariah yaitu Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Bumi Serpong Damai Tahap 1 Tahun 2022 sebanyak-banyaknya sebesar Rp200 miliar. Atas sukuk ini,  BSDE juga telah mendapatkan rating idAA- (sy) dari Pefindo.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Olivia Laura mengatakan, penerbitan obligasi ini selain untuk pelunasan utang, juga akan digunakan untuk mengembangkan proyek-proyek BSD City fase III.

Baca Juga: Bumi Serpong Damai (BSDE) Akan Terbitkan Obligasi dan Sukuk, Berikut Jadwalnya

Sebelumnya, emiten  pengembang kota mandiri terbesar di Indonesia ini juga menerbitkan obligasi berkelanjutan II tahap I yang jatuh tempo 16 Juni 2021. Dus, BSDE telah beberapa kali menerbitkan obligasi.

“Tetapi masih manageable untuk tingkat leverage-nya, current ratio di 1,6 kali, debt to equity ratio (DER) sebesar 0,4 kali,” terang Olivia kepada Kontan.co.id, Jumat (11/3).

Asal tahu, BSDE menargetkan nilai pendapatan pra penjualan alias marketing sales 2022 sebesar Rp 7,7 triliun. Target tersebut setara pencapaian pra penjualan di 2021.

Samuel Sekuritas sendiri memproyeksikan marketing sales BSDE akan sejalan dengan target yang dipasang BSDE, yakni sebesar Rp 7,7 triliun. Mayoritas dari pra penjualan berasal dari rumah tapak, yakni di atas 70%.

BSDE juga meluncurkan program promosi Double Dream di tahun ini yang bisa menjadi katalis positif untuk marketing sales di tahun ini.

 

Namun, Analis BRIDanareksa Sekuritas Victor Stefano lebih optimistis. Dia mengestimasikan angka pendapatan pra penjualan di tahun ini sebesar Rp 8,7 triliun.

Victor sedikit memangkas angka perkiraan ini dengan mempertimbangkan angka marketing sales 2021 dan penjualan plot JV di 2022. Namun, estimasi marketing sales ini  lebih bullish karena proyeksi ini 14% lebih tinggi dari target yang dipasang manajemen BSDE.

Dus, Victor mempertahankan rekomendasi beli saham BSDE dengan target harga yang lebih rendah yakni Rp 1.450 per saham. Sebelumnya, dia memberi target harga saham BSDE sebesar Rp 1.500 per saham. Penurunan target harga dilakukan seiring penyesuaian target pendapatan penjualan.

Menurut Victor, porsi yang besar dari segmen rumah tapak, pengembangan fasilitas jalan tol, dan kemampuan BSD City untuk melayani berbagai segmen pelanggan adalah katalis utama untuk mendorong marketing sales tahun ini di tengah kemungkinan kenaikan tingkat suku bunga.

Senada, Olivia juga masih merekomendasikan beli saham BSDE dengan target harga terakhir di Rp 1.480 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×