kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rekomendasi Saham Ace Hardware (ACES) di Tengah Ekspansi Gerai


Kamis, 20 Juli 2023 / 07:43 WIB
Simak Rekomendasi Saham Ace Hardware (ACES) di Tengah Ekspansi Gerai
ILUSTRASI. Gerai PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) yang mendapat rekomendasi saham beli


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Tbk (ACES) diproyeksi bakal mendapat kinerja solid di tahun 2023. Samuel Sekuritas Indonesia (SSI) pun melihat sentimen dari ekspansi pembukaan gerai baru dan aktivitas penjualan online jadi penopang kinerja ACES.

Analis Samuel Sekuritas Ashalia Fitri dan Pebe Peresia dalam riset 18 Juli 2023 memperkirakan, penjualan ACES di bulan Juni 2023 akan meningkat secara bulanan dengan proyeksi Same Store Sales Growth (SSSG) alias pertumbuhan rata-rata tiap toko mencapai dua digit, lebih dari 13%.

Wilayah luar Jawa diperkirakan akan kembali mencatatkan angka SSSG tertinggi, yang didukung oleh ekspansi gerai ACES di wilayah-wilayah tersebut.

Proyeksi SSSG dobel digit itu karena melihat Ace Hardware yang menggelar program Boom Sale pada periode 7 Juni - 1 Agustus 2023, sehingga akan menopang kinerja ACES. Seperti diketahui, ACE Indonesia sedang menghadirkan program promo terbesar yaitu Boom Sale.

Ashalia dan Pebe mengatakan, adanya potensi pertumbuhan kinerja ACES di Juni 2023 tersebut, meningkatkan optimisme ACES mampu menutup paruh pertama tahun ini dengan pendapatan sebesar Rp 3.6 triliun. Angka tersebut mencapai sekitar 47.1% dari proyeksi Samuel Sekuritas dan sekitar 49% konsensus yaitu pendapatan 2023 diprediksi sebesar Rp 7.6 triliun atau tumbuh 12.4% YoY.

Baca Juga: ACE Hardware (ACES) Targetkan Buka 10-15 Gerai Baru Hingga Akhir Tahun 2023

Pendapatan didorong oleh kenaikan penjualan semua segmen bisnisnya. Sementara itu, laba bersih ACES diperkirakan mencapai Rp 710.8 miliar atau tumbuh 7.0% YoY pada semester I-2023.

“Capaian laba bersih tersebut akan mengakhiri tren penurunan laba bersih ACES, sejak 2020,” ungkapnya dalam riset tertanggal 18 Juli 2023.

Samuel Sekuritas optimistis kinerja ACES di tahun ini turut ditopang oleh ekspansi gerai baru, terutama di wilayah luar Jawa. Hingga akhir tahun, emiten sektor ritel ini diperkirakan akan membuka 15 gerai baru.

Adapun di sepanjang paruh pertama 2023, ACES telah membuka 8 gerai baru yang mayoritas berada di daerah luar Jawa antara lain Batoh Aceh, Denpasar Bali, Gianyar Bali, Panakkuang Makassar, Tarakan Kalimantan, Singkawang Kalimantan, Bontang Kalimantan, dan Purwakarta. Sedangkan, hanya 1 gerai baru yang berada di wilayah Jawa.

Selain penjualan toko fisik, faktor lain yang berpotensi mendukung performa ACES ke depan adalah penjualan online. Penjualan online ACES melalui ruparupa.com juga telah meningkat karena didukung promo-promo eksklusif yang hanya diberikan pada platform tersebut.

 

Oleh karena itu, Samuel Sekuritas meyakini kontribusi penjualan online terhadap total penjualan ACES dapat mencapai 20% dalam 3-5 tahun mendatang. Sebagai gambaran, penjualan online ACES berkontribusi sebesar 10%-11% pada kuartal pertama 2023.

Samuel Sekuritas Indonesia mempertahankan rekomendasi beli untuk ACES dengan target harga Rp 840 per saham yang merefleksikan 18.2 kali Price Earning Ratio (PE) 2024. Proyeksi tersebut mempertimbangkan sejumlah katalis positif yang telah dijabarkan di atas, serta status ACES sebagai perusahaan net cash.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×