kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,04   -6,32   -0.68%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak rekomendasi analis bagi pergerakan IHSG sepanjang pekan depan


Minggu, 31 Maret 2019 / 12:05 WIB
Simak rekomendasi analis bagi pergerakan IHSG sepanjang pekan depan


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah di level 6.468 atau turun 0,19% pada akhir perdagangan Jumat (29/3). 

Kepala riset Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengungkapkan, pergerakan indeks sepanjang minggu ini diwarnai oleh sentimen perlambatan ekonomi global yang dipicu oleh kondisi pertumbuhan PDB Amerika Serikat dan terciptanya inverted yield curve di pasar obligasi Amerika Serikat. 

Inverted yield curve yang beberapa kali mendahului resesi ekonomi Amerika Serikat membuat panik pasar global dan menyeret bursa global turun di hari Senin lalu,” ujarnya Jumat (29/3).

Menurutnya, pergerakan indeks dipengaruhi oleh rilis revisi data ekonomi pertumbuhan PDB AS pada kuartal IV-2018 di angka 2,2% yang lebih rendah dari angka awal 2,6% dan di bawah konsensus ekonom di angka 2,3%.

Sementara sentimen dari dalam negeri, Lanjar bilang, pasar menanti rilis laporan kinerja penyaluran kredit perbankan yang rilis pada hari Kamis. Tingkat pertumbuhan kredit Indonesia menguat 12,13% year on year (yoy) dari 11,97% di periode sebelumnya. Sektor perbankan dianggap cukup mendukung pertumbuhan kredit ke depannya setelah dilaporkan memiliki total aset likuid senilai Rp1,162 triliun di akhir bulan Februari. OJK memprediksi pertumbuhan pinjaman di angka 12% tahun ini.

“Selain itu berita kejatuhan harga ayam di tingkat peternak membuat saham sektor peternakan tertekan sejak Kamis. Harga ayam tercatat turun lebih dari 30% dari awal tahun. Harga pakan jagung juga merangkak naik ke Rp 4.500 setelah berada di level Rp 4.000 per kilogram,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam sepekan investor asing mencatatkan pembelian bersih sebesar Rp 904,47 miliar. “Meskipun demikian, dari awal tahun investor asing masih tercatat penjualan bersih senilai Rp 14.877 miliar,” tambahnya.

Sementara untuk minggu depan, Lanjar bilang laju IHSG akan dibayangi oleh sikap para pelaku pasar yang akan menanti rilis data inflasi Indonesia untuk bulan Maret. “Di mana konsensus ekonom memprediksi inflasi di angka 2,5%, lebih rendah dari tahun lalu di angka 2,6%,” tambah dia.

Lanjar memperkirakan pergerakan indeks sepanjang pekan depan masih akan diwarnai oleh pelemahan dengan support di level 6.350 dan resistance di level 6.500.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto bilang,pekan ini IHSG didominasi oleh pelemahan lantaran trennya sedang menurun. “Untuk pekan depan masih akan tetap turun. Sentimen dari eksternal sebenarnya tak ada, ini hanya soal antisipasi sampai pemilu,” ungkap dia.

Maka William memprediksi indeks akan tetap didominasi oleh pelemahan sepanjang pekan depan dengan support di level 6.430 dan resistance di level 6.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×