kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,14   -0,66   -0.07%
  • EMAS987.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Senin (4/7)


Minggu, 03 Juli 2022 / 13:19 WIB
Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Senin (4/7)
ILUSTRASI. Petugas kebersihan melintasi layar digital pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (24/6/2022). IHSG Disetir Sejumlah Sentimen pada Senin (4/7), Analis Beri Rekomendasi Saham Pilihan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah sentimen dinilai masih akan membayangi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (4/7).

Analis Phillip Serkuritas Indonesia Joshua Marcius memproyeksikan IHSG akan bergerak di rentang support 6.682 dan resistance 7.005 pada perdagangan Senin (4/7). 

Ia menilai, katalis yang kemungkinan masih berpengaruh terhadap pergerakan IHSG adalah rilis data inflasi Indonesia yang sudah mencapai 4,35%. Menurut Joshua, tingkat ini sudah berada di atas proyeksi analis dan pasar.

Asal tahu, inflasi Juni 2022 naik secara bulanan dibanding inflasi pada bulan Mei 2022 yang sebesar 0,40% dan naik 3,35% secara tahunan. Inflasi tahunan ini juga sudah melampaui batas atas kisaran sasaran Bank Indonesia (BI) yang sebesar 4% yoy.

Baca Juga: Usai Memerah Pekan Lalu, Begini Proyeksi IHSG pada Minggu Depan

Adapula sentimen rilis data GDP growth rate Amerika Serikat (AS) secara kuartalan final sebesar -1,6% di kuartal pertama 2022.

Adapun saham-saham yang menarik dicermati menurut Joshua pada perdagangan Senin (4/7) diantaranya SGER, ZONE, CAKK, dan ASJT.

Sementara itu, analis Erdikha Elit Sekuritas Ivan Kasulthan memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang level support 6.736 dan level resistance 6.863 pada perdagangan Senin (4/7).

Menurut Ivan, katalis yang mempengaruhi pergerakan IHSG masih dari penutupan bursa Wall street di akhir pekan ini, yang nantinya akan mempengaruhi arah pergerakan IHSG di hari Senin.

Adapun penyebab pelemahan IHSG pada Jumat (1/7) diyakini akibat rilis data inflasi Indonesia yang kembali meningkat ke level 4,35% di bulan Juni 2022. 

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar di BEI Turun Rp 285,34 Triliun, IHSG Anjlok 3,53% dalam Sepekan

Hal ini menimbulkan potensi bagi Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunganya di kala kenaikan inflasi tidak terjaga Selain itu, di bulan Juli ini, Bank Sentral AS yakni Federal Reserve (The Fed) juga berencana untuk kembali menaikkan suku bunga.

”Sehingga ini masih menjadi perhatian investor yang mana masih menghantui pergerakan IHSG ke depannya,” terang Ivan, Minggu (3/7).

Adapun saham-saham yang dapat dicermati menurut Ivan yaitu BBRI, BBCA, ADMR, MDKA.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×