kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak lagi sejumlah sentimen yang bisa pengaruhi IHSG pada pekan ini


Selasa, 22 September 2020 / 05:30 WIB
Simak lagi sejumlah sentimen yang bisa pengaruhi IHSG pada pekan ini


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (21/9) merosot 1,18% ke level 4.999,36. Namun untuk sepekan ini, Analis Phillip Sekuritas Anugerah Zamzami Nasr memproyeksikan IHSG cenderung menguat terbatas sepanjang pekan ini, dengan level support 5.002 dan resistance di 5,109.

Zamzami menilai, tidak banyak sentimen dari dalam negeri yang akan menyetir IHSG. “Mungkin, investor akan tetap memantau angka kasus Covid yang kembali rekor kemarin Sabtu (19/9),” ujar Zamzami, Minggu (20/9).

Adapun sentimen eksternal yang mesti dicermati pekan depan meliputi pengumuman suku bunga loan prime rate China, data inventory minyak yang dirilis Energy Information Administration (EIA), diskusi stimulus fiskal AS, hingga tunjangan pengangguran AS.

Baca Juga: IHSG melemah 0,22% ke 5.048 pada sesi I hari ini, asing lepas BBCA, INDF dan ASII

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memperkirakan selama seminggu ini IHSG berpeluang konsolidasi melemah dengan support di level 5.000 sampai 4,754 dan resistance di level 5.100 sampai 5.187. Dari global, pelaku pasar menanti rancangan undang-undang (RUU) stimulus fiskal untuk mengantisipasi virus corona yang diperkirakan senilai US$ 1,5 triliun. 

Tetapi komentar dari Ketua DPR, Nancy Pelosi dan Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, menunjukkan partai Demokrat dan Republik masih jauh dari kesepakatan stimulus fiskal lanjutan.

Pelaku pasar juga memperhatikan data ekonomi yang lemah dan ketidakpastian prospek ekonomi. Hal ini sejalan dengan pernyataan Bank Sentral AS, The Fed ,tentang laju pemulihan ekonomi yang melambat. Angka klaim pengangguran masih tetap tinggi semenjak pandemi covid 19. Data Housing Starts dan indeks Bisnis Philadelphia menunjukkan penurunan.

Sebenarnya The Fed telah menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengangguran pada tahun 2020 ke level yang lebih baik. Tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam diprediksi akan terkontraksi -3.7% lebih baik dari prediksi sebelumnya -6.5%.

Baca Juga: Berbalik arah, IHSG kembali menguat pada perdagangan Senin (21/9)

Dari benua biru, Hans mencatat negara-negara Eropa menghadapi lonjakan kasus Covid -19 dalam beberapa minggu terakhir. Kementerian Kesehatan Prancis melaporkan jumlah infeksi korona baru tertinggi dalam satu hari sejak wabah virus ini menyebar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×