kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak deretan saham berbasis komoditas pilihan yang atraktif pekan ini


Rabu, 27 Januari 2021 / 06:42 WIB
Simak deretan saham berbasis komoditas pilihan yang atraktif pekan ini
ILUSTRASI. Karyawan mengabadikan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (8/1/2021).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki pekan keempat Januari 2020, sejumlah komoditas akan diperdagangkan dengan harga yang atraktif pekan ini, salah satunya adalah minyak mentah.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonsia Andy Wibowo Gunawan memperkirakan produksi minyak harian di Amerika Serikat (AS) untuk periode 22 Januari akan cenderung stagnan dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Sementara itu, Mirae Asset memperkirakan input kilang minyak AS untuk 22 Januari akan lebih tinggi dari angka pekan lalu. Secara keseluruhan, harga minyak dunia akan menarik pekan ini.

Selain minyak mentah, komoditas energi lain yang cukup atraktif pekan ini adalah batubara, salah satu katalis datang dari China. Aktivitas manufaktur China mulai berkembang, seperti yang tercermin dalam pertumbuhan produksi industri China bulan Desember. 

Sehingga, Mirae Asset menilai total pertumbuhan konsumsi listrik China untuk bulan Desember akan lebih baik daripada bulan sebelumnya.

“Kami juga mencatat bahwa pertumbuhan output pembangkit listrik tenaga batubara China bulan Desember meningkat menjadi 9,2% dari bulan sebelumnya di 6,6% secara year-on-year (YoY), tulis Andy dalam riset, Selasa (26/1).

Baca Juga: Harga minyak sawit dan kedelai kembali menguat, cermati saham-saham ini

Lebih lanjut, angka ekspor batubara Australia ke China diyakini akan tetap melemah seiring masalah geopolitik antara kedua negara. Di sisi lain, Mirae Asset memperkirakan ekspor batubara Indonesia ke China akan meningkat dalam waktu dekat.

Sehingga, saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan saham terkait minyak serta batubara akan menarik pekan ini.

Dari sektor komoditas logam, Mirae Asset meyakini bahwa persediaan nikel di bursa London Metal Exchanges (LME) akan lebih rendah pekan ini. Selain itu, persediaan tembaga di LME juga akan turun pekan ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×