kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,51   -6,42   -0.63%
  • EMAS992.000 0,51%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Siapkan Capex Rp 294 Miliar, Begini Strategi Bisnis Astra Graphia (ASGR) Tahun Ini


Senin, 17 Januari 2022 / 17:30 WIB
Siapkan Capex Rp 294 Miliar, Begini Strategi Bisnis Astra Graphia (ASGR) Tahun Ini
ILUSTRASI. Chief of Corporate Secretary, Legal, and Corporate Communications Astra Graphia, Melinda Pudjo saat pelatihan Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk atau Astragraphia (ASGR) optimistis pertumbuhan bisnis di tahun ini bisa lebih baik. Emiten Group Astra di lingkup bisnis printing dan digital services ini akan berfokus mengarahkan bisnis menuju pertumbuhan yang berkelanjutan.

Chief of Corporate Secretary, Legal, & Corporate Communications Astragraphia Melinda Pudjo mengungkapkan, kinerja ASGR pada 2022 bakal ditopang dengan belanja modal (capex) yang dianggarkan sebesar Rp 294 miliar. Sebagian besar capex ASGR akan dialokasikan buat kebutuhan bisnis inti dan sisanya untuk keperluan internal perusahaan.

Menurut Melinda, semakin membaiknya iklim bisnis dan pertumbuhan ekonomi nasional yang diproyeksi naik 5%-5,5% menjadi sumber optimisme ASGR pada 2022. Tingkat konsumsi, investasi, dan ekspor yang ditaksir tumbuh positif sebagai dampak dari kebijakan pemerintah di bidang ekonomi maupun penanggulangan pandemi Covid-19 juga diyakini bakal menjadi katalis positif.

Apalagi, industri information and communication technology (ITC) pun dinilai menunjukkan proyeksi yang menjanjikan. IDC memprediksi pertumbuhan enterprise IT spending di Indonesia akan bertumbuh dengan rata-rata 7% (CAGR 2019-2025) dengan pertumbuhan IT Services yang mencapai 23%. 

Baca Juga: Dari Hajatan Rights Issue, BRMS Sukses Meraup Dana Hingga Rp 1,65 Triliun

"Meskipun kompetisi di sektor teknologi informasi akan meningkat, namun Astragraphia terus melakukan penguatan di berbagai sisi fundamental bisnis serta mendorong pertumbuhan melalui inisiatif baru di area printing dan digital baik yang bersifat produk maupun layanan," kata Melinda kepada Kontan.co.id, Senin (17/1).

Seperti diketahui, kinerja ASGR ditopang oleh tiga portofolio bisnis. Pertama, solusi dokumen dengan mitra eksklusif Fuji Film Business Innovation. Kedua, solusi teknologi informasi khususnya digital services, yang dijalankan oleh PT Astra Graphia Informastion Technology (AGIT). Ketiga, solusi perkantoran melalui PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI).

Melinda membeberkan, ada sejumlah langkah yang bakal dijalankan ASGR dalam mengembangkan usahanya di 2022. Pertama, memaksimalkan keuntungan melalui penguatan fundamental bisnis dan kepemimpinan pasar. Kedua, memperkuat kapabilitas layanan dan daya saing di bidang teknologi printing & digital

Ketiga, mendorong pertumbuhan inisiatif baru untuk produk dan layanan di bidang printing & digital. Keempat, penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia melalui upskilling dan reskilling, serta mendorong penerapan organization agility.

Di sisi lain, Astragraphia juga mengambil langkah strategis dalam menyeimbangkan aspek ESG (Environmental, Social, Governance) yang terimplementasi dalam strategi operasional bisnis, dan perilaku untuk mencapai sustainability.

Baca Juga: Dua Anak Usaha Austindo Nusantara Jaya (ANJT) Meraih Sertifikat ISPO dan RSPO

Meski yakin untuk mengejar pertumbuhan kinerja, sayangnya Melinda belum membuka target kenaikan pendapatan maupun laba bersih yang dikejar ASGR sepanjang tahun 2022.

"Tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhi proyeksi pertumbuhan terutama faktor eksternal yang tidak dapat kami kontrol. Pada prinsipnya, kami telah menetapkan beberapa langkah strategis untuk dapat tetap relevan dan mampu mencapai pertumbuhan berkelanjutan dari tahun ke tahun," sebut Melinda.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×