kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapkan Capex Rp 271 Miliar, Wintermar Offshore (WINS) Siap Lanjutkan Ekspansi Armada


Rabu, 18 Januari 2023 / 18:00 WIB
Siapkan Capex Rp 271 Miliar, Wintermar Offshore (WINS) Siap Lanjutkan Ekspansi Armada
ILUSTRASI. Kapal perusahaan pelayaran PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS). Foto Dok WINS


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) melanjutkan program ekspansi armada pada tahun 2023.  Emiten yang bergerak di sektor pelayaran lepas pantai ini mengantisipasi kenaikan permintaan kapal di tengah siklus investasi minyak dan gas (migas).

Investor Relations Wintermar Offshore Marine, Pek Swan Layanto, memandang positif prospek industri pada tahun ini. Peluang datang dari pemulihan ekonomi global atas dampak pandemi covid-19 yang bakal mengerek permintaan migas.

Selain itu, konflik Rusia - Ukraina menyebabkan sanksi terhadap minyak Rusia. Kondisi ini memicu fokus dunia terhadap isu ketahanan energi, yang kemudian mendorong percepatan eksplorasi migas lepas pantai yang cukup tertinggal dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Wintermar Offshore Marine (WINS) Lunasi Uang US$ 45 Juta dari IFC

Siklus investasi di sektor migas akan mendorong investasi pada kapal. 

"Wintermar telah menjadi penerima manfaat dari perkembangan ini. Terindikasi dari permintaan untuk kapal offshore support vessels (OSV) yang telah meningkat sepanjang tahun 2022, disertai peningkatan utilisasi dan charter rates," ujar Pek Swan kepada Kontan.co.id, Rabu (18/1).

 

Sampai dengan akhir November 2022, nilai contract on hand WINS mencapai US$ 71 juta, yang merupakan nilai contract on hand tertinggi WINS sejak Mei 2021. 

Jika dihitung berdasarkan kurs dolar Amerika Serikat (AS) saat ini di level Rp 15.087, maka nilai kontrak yang ditangani WINS per November 2022 setara dengan Rp 1,07 triliun.

Baca Juga: Wintermar (WINS) Merugi pada Kuartal III, Begini Penjelasan Manajemen

Pek Swan melanjutkan, WINS akan tetap fokus meningkatkan fleet yield melalui peningkatan kualitas dari komposisi armada disertai efisiensi melalui penerapan teknologi. 

"Merespons untuk mendapatkan charter rate terbaik atas permintaan OSV yang lebih tinggi akibat dari kenaikan harga minyak," imbuhnya.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×