kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serap Capex Rp 300 Miliar, Sarimelati (PZZA) Buka 82 Gerai Baru Pizza Hut Pada 2022


Kamis, 05 Januari 2023 / 17:49 WIB
Serap Capex Rp 300 Miliar, Sarimelati (PZZA) Buka 82 Gerai Baru Pizza Hut Pada 2022
ILUSTRASI. PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) getol menggelar ekspansi.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengelola gerai Pizza Hut, PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) getol menggelar ekspansi. PZZA total telah menambah 82 gerai Pizza Hut dan Pizza Hut Delivery (PHD) baru sepanjang tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan Sarimelati Kencana Kurniadi Sulistyomo membeberkan, ekspansi gerai Pizza Hut dan PHD hampir merata di wilayah Indonesia. Tidak hanya di kota besar Pulau Jawa, pembukaan gerai baru tersebar di luar Pulau Jawa, dari Banda Aceh hingga Merauke.

Kurniadi memproyeksikan, pada tahun ini PZZA sudah bisa memetik hasil dari ekspansi gerai Pizza Hut yang gencar dilakukan sepanjang tahun lalu. Dengan begitu, akan ada perbaikan dari sisi kinerja keuangan PZZA untuk tahun buku 2023 dibandingkan 2022.

Baca Juga: Emiten Restoran dan Gerai F&B Diproyeksi Raup Cuan Gede Tahun Ini

"Tahun lalu capex besar, kami spending investasi dulu, bangun banyak (gerai baru). Insha Allah hasilnya akan terlihat pada tahun ini," ujar Kurniadi kepada Kontan.co.id, Rabu (4/1).

Dalam memuluskan strategi ekspansinya, pada tahun 2022 PZZA menyerap belanja modal alias capital expenditure (capex) hingga sekitar Rp 300 miliar. 

Kurniadi memastikan, meski tidak seagresif pada tahun lalu, tapi PZZA tetap akan menggelar ekspansi di tahun ini. 

Kurniadi belum memberikan bocoran berapa target penambahan gerai Pizza Hut untuk tahun ini. Begitu juga untuk besaran investasinya. 

Hanya saja, untuk capex tahun 2023, estimasi awal ditaksir mencapai Rp 100 miliar.

Dengan ekspansi yang direalisasikan pada tahun lalu, saat ini PZZA mengelola sebanyak 616 outlet Pizza Hut dan PHD. Adapun dari sisi bisnis restoran, PZZA menyambut positif industri food and beverage (F&B) yang semakin kompetitif.

Menurut Kurniadi, ramainya pemain dan produk yang beredar justru akan membuat industri kian bergairah. 

Baca Juga: Sarimelati Kencana (PZZA) Gencar Ekspansi Menambah Gerai Pizza Hut Baru

"Semakin beragam pilihan makanan, masyarakat leluasa untuk memilih. Secara performa ini akan memperluas pasar di sektor food & beverage (F&B)," imbuh Kurniadi.

Selain itu, prospek industri restoran dan F&B juga akan terdorong oleh pemulihan ekonomi dan normaliasi aktivitas masyarakat. 

Kurniadi memandang, usainya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan mempertebal katalis positif bagi industri restoran dan F&B di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×