kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seluruh indeks kembali menghijau, semua reksadana catat kinerja apik


Senin, 13 Desember 2021 / 12:15 WIB
Seluruh indeks kembali menghijau, semua reksadana catat kinerja apik
ILUSTRASI. Pasar modal.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan kemarin kembali berhasil keluar dari tren negatif. Dalam kurun waktu tersebut, tercatat, IHSG menguat 1,04%.

Tak pelak, penguatan IHSG pun ikut mendorong penguatan kinerja reksadana berbasis saham. Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dirilis Senin (13/12) reksadana saham menguat 1,60%, sementara reksadana campuran juga menguat 1,19%. Reksadana saham berhasil jadi reksadana dengan kinerja paling apik sepekan kemarin. 

"Penguatan tersebut seiring dengan meredanya kekhawatiran investor mengenai transmisi varian Omicron dan pembatalan PPKM level 3 di akhir tahun. Hal tersebut mengangkat seluruh kinerja reksadana setelah tertekan pada pekan-pekan sebelumnya," tulis Infovesta Utama dalam rilisnya.

Walaupun aksi jual masih terjadi di pasar obligasi setelah investor asing melakukan sell-off sebesar Rp 6,33 triliun per 8 Desember, nyatanya tak membuat pasar obligasi melemah. 

Baca Juga: Investor lebih melirik produk reksadana dibanding saham dan deposito

Tercatat, Infovesta Government Bond Index naik 0,18%. dan Infovesta Corporate Bond Index naik 0,07%. Kinerja reksadana pendapatan tetap pun berhasil tumbuh 0,17% dalam seminggu terakhir.

Sementara reksadana pasar uang berhasil mencatatkan kenaikan 0,0%.

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year on year pada 10 Desember 2021. 

Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Reksadana Treasure Saham Mantap sebesar 104,73%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Jarvis Balanced Fund dengan tumbuh sebesar 70,14%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mega Asset Mantap Plus sebesar 20,93%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Victoria Pasar Uang Syariah jadi yang tertinggi dengan return sebesar 5,98%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah Syailendra ETF MSCI Indonesia ESG Universal sebesar 13,78%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Danamas Dollar sebesar 3,55%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×