kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selesaikan perpanjangan MTN, Fitch naikkan peringkat surat utang Agung Podomoro Land


Selasa, 01 September 2020 / 17:08 WIB
Selesaikan perpanjangan MTN, Fitch naikkan peringkat surat utang Agung Podomoro Land
ILUSTRASI. Suasana hari pertama beroperasinya kembali pusat perbelanjaan Central Park, Jakarta


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fitch Ratings meningkatkan peringkat surat utang jangka panjang berdenominasi rupiah milik PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dari resticted default (RD) menjadi C, sejalan dengan selesainya perpanjangan jatuh tempo dari 26 Agustus 2020 menjadi 22 Agustus 2021. 

Medium term note (MTN) yang mendapatkan perpanjangan waktu jatuh tempo tersebut diterbitkan oleh PT Sinar Menara Deli (SMD). 

Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro Land Justini Omas menjelaskan sesuai dengan addendum perjanjian penerbitan surat utang (MTN) SMD tahun 2019 dengan jumlah pokok Rp 350 miliar telah dinyatakan dalam akta No 19 tanggal 24 Agustus 2020, mendapatkan perpanjangan jangka waktu MTN menjadi dua tahun dari semula 370 hari sejak tanggal penerbitan. 

Baca Juga: Agung Podomoro Land (APLN) pangkas target marketing sales tahun 2020

APLN juga mendapatkan perubahan tingkat bunga menjadi 11% per tahun terhitung sejak tanggal penerbitannya untuk tanggal pembayaran bunga pada tahun 2020, dan 11,61% per tahun untuk tanggal pembayaran bunga pada tahun 2021 sampai dengan tanggal pelunasan pokok dari yang semula 11%.

"Dengan telah selesainya perpanjangan jangka waktu MTN SMD tersebut yang oleh Fitch dipandang memenuhi kriteria distressed debt exchange (DDE), Fitch kembali melakukan aksi pemeringkatan sebagaimana tersebut di atas," jelas Justini dalam keterbukaan informasi, Selasa (1/9). 

Justini menambahkan, sebagaimana diinformasikan oleh PT Cipradana Asset Management selaku manajer investasi reksadana penyertaan terbatas (RDPT) SMD melalui suratnya tertanggal 25 Agustus 2020, telah terjadi perubahan komposisi pemegang unit penyertaan RDPT per 24 Agustus 2020 dibandingkan dengan akhir tahun 2019. 

"Dengan kata lain terdapat lender baru dari MTN SMD. Namun informasi yang menurut pandangan perseroan merupakan informasi cukup signifikan ini tidak diperhitungkan dalam aksi pemeringkatan yang diambil oleh Fitch," jelasnya. 

Di saat yang bersamaan Fitch mencabut penempatan rating watch negative obligasi senior senilai US$ 300 juta yang diterbitkan oleh APL Realty Holdings Pte. Ltd. pada tanggal 2 Juni 2017 dengan tenor 7 tahun dan peringkatnya menjadi C dari CCC. 

Baca Juga: Begini kondisi Agung Podomoro Land (APLN) di semester I-2020

Fitch menjelaskan peringkat C mencerminkan pandangan lembaga pemeringkat tersebut bahwa likuiditas anak perusahaan Grup Agung Podomoro Land tidak mencukupi untuk menutup pembayaran utang dan kebutuhan pembiayaan tahun 2020. Cicilan pinjaman berjangka pada anak perusahaan APLN yaitu PT Bali Perkasa Sukses (BPS) jatuh tempo pada 21 Agustus 2020, tetapi APLN belum memberikan konfirmasi apakah pembayaran sudah dilakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×