kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Ini Saham Diprediksi Hoki & Cuan di Tahun Kelinci Air


Minggu, 22 Januari 2023 / 05:10 WIB
Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Ini Saham Diprediksi Hoki & Cuan di Tahun Kelinci Air


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Selamat tahun baru Imlek 2023, gong xi fa cai. Inilah rekomendasi saham yang diprediksi cuan dan hoki pada tahun Kelinci Air.

Hari ini 22 Januari 2023 adalah Tahun Baru Imlek. Menurut kalender China, tahun 2023 adalah tahun Kelinci Air. Apa saja saham yang diprediksi hoki pada tahun kelinci air?

Tim Riset CLSA Sekuritas menyebut Kelinci Air tahun ini membawa elemen api ke dalam bazi, yang akan memakan Yin Kayu yang berarti mudah terbakar. Bazi sendiri berarti empat pilar takdir dalam astrologi Tionghoa. 

Artinya, industri terkait ‘api’ seperti minyak dan gas, pakaian, dan teknologi akan menjadi sektor yang paling diuntungkan tahun ini. Dengan waktu terbaik berada pada akhir musim semi.

Dalam laporan Maybank Research, Ahli Feng Shui Master Ken Koh menilai elemen logam akan bersinar di tengah Kelinci Air dengan lebih banyak membawa manfaat.

Elemen Yang Metal meliputi perbankan, pertambangan, kendaraan listrik, otomotif kelas atas, dan hardware. Sementara dari unsur Yin Metal meliputi produk kecantikan, perhiasan hingga percetakan. 

Baca Juga: Besok (22/1) Imlek 2023, Ini Contoh Ucapan & Link Download Twibbon Imlek

Hendra Martono Liem, Chief Executive Officer Arah Investasi Mandiri menjabarkan, tahun 2023 merupakan tahun kelinci air yang diibaratkan seperti embun. 

"2023 Yin Air berteman dengan Yang Api dalam hal ini adalah trading yang lebih spekulatif," kata Hendra kepada Kontan.co.id. 

Pada 2023 ini, sang kelinci mengandung unsur Yin Wood yang mirip seperti bunga. Menurut dia, industri kreatif akan mulai tumbuh di sekitar Agustus 2023.

Baca Juga: Pembagian Dividen Diperkirakan Ramai Tahun Ini, Awas Dividend Trap

Dari pandangan Hendra, akan ada lima sektor yang prospektif di tahun ini, yaitu industri, kesehatan, konsumen primer, teknologi, dan transportasi. Hendra memprediksi sektor industri akan mulai konsolidasi dan kemungkinan bersinar di awal 2023. 

Kemudian tekanan jual pada indeks IDX sektor konsumen nonprimer terjadi dari Agustus 2022 diproyeksikan mulai mereda di awal Februari 2023. Sektor ini konsolidasi membentuk support base yang mulai menguat. 

Sektor teknologi berpotensi mengalami konsolidasi dan segera menciptakan bottom reversal. Terakhir sektor yang paling berpotensi besar untuk menguat adalah kesehatan. 

"Secara empat pillar Yin Air bentrok dengan Yin Api, secara kesehatan itu berarti sakit di jantung, otak dan syaraf. Industri akan tetap menguat," imbuh Hendra. 

Rekomendasi saham tahun kelinci air

Hendra menilai tahun ini sektor barang baku, barang konsumen nonprimer, energi, dan properti akan kurang prospektif. Menurut dia, sektor barang baku akan mengalami tekanan jual hingga awal 2024. 

Meski begitu, investor bisa melakukan trading jangka pendek untuk sektor barang baku. Sementara secara teknikal sektor konsumen nonprimer akan lebih bergerak sideways dengan rentang lebar.

"Karena Yin Air dan Yin Kayu kolaborasi di 2023, konflik internasional kemungkinan mereda, ini berarti IDX energi kemungkinan besar akan mulai terjadi taking profit," ujar Hendra.

Baca Juga: Jelang Imlek, Cermati Sektor-Sektor yang Membawa Hoki di Tahun Kelinci Air

Dia meramal sektor properti relatif stagnan. Hanya saham yang mempunyai pendapatan dari recurring income atau pendapatan berulang yang bakal bertahan.  

Setali tiga uang, Master Ken Koh juga menilai tahun ini sektor properti, terutama real estat bakal menghadapi tantangan, utamanya dari kebijakan mengendalikan inflasi dan moneter. 

"Namun bagi investor jangka menengah misalnya sampai 2025, maka keuntungannya akan berlipat-lipat," kata dia. 

Secara keseluruhan Hendra menyebut saham lapis dua dan ketiga bakal bergerak di 2023. Namun sektor yang bakal mendapatkan tekanan bisa dicermati jika membentuk bottom reversal

Adapun investor bisa mencermati dan menunggu bottom reversal pada  BBRI, BTPS, TBIG, TLKM, dan TOWR. Sementara untuk BRIS investor bisa manfaatkan untuk trading sepenuhnya.

Itulah rekomendasi saham tahun kelinci air. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Selamat tahun baru Imlek 2023, gong xi fa cai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×