kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Fonterra, Kalbe Farma juga gandeng Westland Milk untuk perkuat divisi nutrisi


Jumat, 30 Agustus 2019 / 17:25 WIB
Selain Fonterra, Kalbe Farma juga gandeng Westland Milk untuk perkuat divisi nutrisi


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten Farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF, anggota indeks Kompas100) melalui anak usahanya PT Sanghiang Perkasa menandatangani nota kesepahaman dengan Fonterra Australia. Tidak hanya itu, ternyata KLBF juga turut menggandeng produsen dairy asal Selandia Baru Westland Milk dalam rangka perkuat fondasi divisi nutrisi.

Presiden Direktur KLBF, Vidjongtius menjelaskan penandatanganan nota kesepahaman KLBF dengan Fonterra untuk memperkuat kerjasama yang sudah terjalin sejak 2018.

Baca Juga: Bumi Resources (BUMI) berencana garap industri hilir batubara

“Pada kerjasama ini KLBF tidak perlu spesifik investasi karena skema kerjasama hanya untuk menguatkan supply chain dan kompensasinya dari modal kerja rutin,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (30/8).

Kendati demikian, Vidjongtius tidak bisa memberikan rata-rata pengeluaran terkait pembelian bahan baku dari Fonterra karena menurutnya supply bahan baku susu mengikuti formulasi harga dan volume tertentu. Jadi kerjasama ini hanya untuk memastikan keberlangsungan pasokan bahan baku untuk kebutuhan produksi Kalbe.

Vidjongtius berharap lewat kerjasama ini, bisa meningkatkan pertumbuhan produksi hingga 5%-10% setiap tahun.

Skema kerjasama dengan Fonterra yakni, KLBF membeli bahan baku produk susu ke Fonterra untuk kebutuhan produksi Kalbe di Indonesia. Nantinya KLBF memberi kompensasi sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Lalu hasil produksinya dijual KLBF untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor divisi nutrisi.

Baca Juga: PGN (PGAS) rombak susunan direksi dan komisaris

Sejak 2018 lalu ternyata KLBF tidak hanya bekerjasama dengan Fonterra Australia tapi juga dengan Westland Milk dalam rangka meningkatkan pasokan bahan baku divisi nutrisi.

Vidjongtius bilang kerjasama dengan dua produsen diary asal Selandia Baru ini merupakan salah satu strategi dalam mengatur sumber bahan baku produk dairy. Hal ini tentunya merupakan upaya mitigasi risiko pasokan susu ke konsumen yang terus meningkat tiap tahunnya.

Perjanjian pasokan strategis dengan Westland Milk menyepakati pasokan bahan baku untuk diproduksi dan dikemas di Indonesia dan Selandia Baru.

Sementara itu, Kalbe dan Fonterra Dairy sepakat untuk memperkuat pasokan bahan baku dan mengembangkan produk-produk nutrisi fungsional bagi pasar Indonesia dan ASEAN.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×