kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.835   40,00   0,24%
  • IDX 6.679   65,44   0,99%
  • KOMPAS100 965   12,40   1,30%
  • LQ45 750   8,15   1,10%
  • ISSI 212   1,80   0,86%
  • IDX30 390   4,00   1,04%
  • IDXHIDIV20 468   2,84   0,61%
  • IDX80 109   1,41   1,31%
  • IDXV30 115   1,81   1,60%
  • IDXQ30 128   1,06   0,84%

Sektor media kena dampak pelemahan konsumsi


Rabu, 06 September 2017 / 10:30 WIB
Sektor media kena dampak pelemahan konsumsi


Reporter: Riska Rahman | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Perlambatan konsumsi tak hanya mempengaruhi industri konsumer, melainkan juga industri media. Lesunya konsumsi masyarakat juga ikut membuat pengeluaran iklan perusahaan konsumsi melemah.

Dalam riset yang dirilis Rabu (6/9), Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya mengatakan, indikator makro ekonomi yang membaik tak membuat pendapatan perusahaan konsumer membaik. Alhasil, pengeluaran untuk iklan di media massa khususnya televisi jadi melambat.

Hal ini berdampak pada bisnis PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). "Perlambatan konsumsi tersebut membuat iklan dari sektor konsumer di televisi jadi berkurang," tulis Christine.

Meski begitu, iklan perusahaan konsumer ini kini mulai digantikan oleh iklan dari perusahaan properti dan e-commerce. Iklan produk Meikarta milik Lippo Group dan berbagai situs e-commerce menggantikan porsi iklan perusahaan konsumer yang menurun.

Namun, dalam riset tersebut CEO induk usaha SCMA, Alvin Suriaatmadja mengatakan perusahaan optimistis dengan keadaan di tahun 2018 mendatang. Pemilu yang semakin dekat membuat perusahaan memperkirakan pemerintah akan menggenjot belanjanya, membuat kemampuan beli masyarakat juga ikut terdorong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×