kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham INDF, ICBP, INCI, CSAP, SIMP akan bagi dividen, mana yang layak dibeli?


Senin, 30 Agustus 2021 / 08:29 WIB
Saham INDF, ICBP, INCI, CSAP, SIMP akan bagi dividen, mana yang layak dibeli?
ILUSTRASI. Saham INDF, ICBP, INCI, CSAP, SIMP akan bagi dividen, mana yang layak dibeli?


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Musim pembagian dividen masih berlanjut. Investor yang akan kebagian dividen antara lain para pemegang saham INDF, ICBP, INCICSAP, dan SIMP. Dari saham pembagi dividen tersebut, mana yang direkomendasikan para analis untuk dibeli?

Beberapa emiten baru menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2020. Sejumlah perusahaan pun terlihat akan membagikan dividen untuk tahun buku 2020.

Emiten tersebut antara lain, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Intanwijaya Internasional Tbk (INCI), PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, INDF akan membagikan dividen Rp 278 per saham. Mengacu pada penutupan harga saham di pekan lalu, maka yield dividen INDF sebesar 4,32%. Selanjutnya, ICBP membagikan dividen Rp 215 per saham dengan yield 2,59%.

Kemudian ada INCI yang membagikan dividen sebesar Rp 25 per saham dengan yield 3,35%. Disusul CSAP membagikan dividen Rp 4 per saham dengan yield 0,74%, dan SIMP yang menebar dividen Rp 3 per saham dengan yield 0,70%.

Analis Erdhika Elit Sekuritas, Ivan Kasulthan menjelaskan, dari beberapa emiten yang memberikan dividen, ada beberapa yang memiliki yield dividen menarik. "Yield dividen yang menarik seperti INDF, ICBP, dan INCI dibandingkan SIMP dan CSAP," kata dia kepada Kontan.co.id, Minggu (29/8).

Baca Juga: Prediksi IHSG Senin (30/8) melemah lagi, untuk trading cermati rekomendasi saham ini

Menurutnya, hal tersebut lantaran INDF, ICBP, dan INCI memiliki yield dividen yang cukup besar. Sehingga, memberikan tingkat keuntungan cukup besar jika dibandingkan dengan emiten yang membagikan yield dividen mini.

Walaupun begitu, dirinya memasang standar yield dividen yang paling menarik berada di atas 5%.

Senada, Analis Panin Sekuritas, William Hartanto melihat, di antara emiten yang memberikan dividen kali ini, yield dividen INDF dan INCI memang paling menarik. Sementara, yield dividen dari SIMP dan CSAP dianggap sebagai persentase yield yang kecil.

"Hal ini disebabkan oleh kondisi pasar yang sedang memudahkan untuk profit dari saham-saham second liner, minat terhadap dividen berpotensi menurun sehingga yield dividen di bawah 1% akan relatif dipandang rendah," jelasnya.

Walaupun begitu, William menilai sebenarnya tidak ada acuan berapa besar yield dividen yang menarik. Menurutnya, yang baik apabila emiten memiliki persentase yield yang stabil dan rutin membagikan dividen.

Dengan rencana pembagian dividen, ia melihat ini juga menjadi kesempatan untuk investor untuk mengoleksi saham-saham tersebut. "Biasanya saham-saham pembagi dividen akan dibeli setelah jelas berapa nominal dan yield-nya, dan akan dilepas pada saat ex date," paparnya.

Dari sana, Panin Sekuritas rekomendasi investor dapat membeli saham-saham tersebut. Adapun William memberikan rekomendasi saham sebagai berikut:
  • Rekomendasi saham INDF dengan target harga di Rp 6.800-Rp 7.000
  • Rekomendasi saham SIMP dengan target harga Rp 464-Rp 480
  • Rekomendasi saham CSAP dengan target harga Rp 600
  • Rekomendasi saham INCI dengan target harga di kisaran Rp 825-Rp 850 per saham.

Sementara, Erdhika Elit Sekuritas memberikan rekomendasi saham sebagai berikut

  • Rekomendasi buy saham INDF dengan resisten: Rp 6.700 - Rp 6.800, Suport: Rp 6.200 - Rp 6.050
  • Rekomendasi buy saham ICBP dengan resisten: Rp 9.000 - Rp 9.300, Suport: Rp 8.000 - Rp 7.600
  • Rekomendasi trading buy saham SIMP dengan resisten: Rp 450, Suport: Rp 410
  • Rekomendasi Speculative Buy saham CSAP dengan resisten: Rp 600, Suport: Rp 490
  • Rekomendasi Speculative Buy saham INCI dengan resisten: Rp 800, Suport: Rp 700

 

Itulah rekomendasi saham untuk sejumlah emiten yang akan bagi-bagi dividen dalam waktu dekat. Ingat, disclaimer on, segala resiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Semoga cuan!

Selanjutnya: Analis rekomendasi beli saham AKRA, ini alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×