kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera Meluncur, ORI021 Mulai Ditawarkan Sepekan Lagi


Senin, 17 Januari 2022 / 14:03 WIB
Segera Meluncur, ORI021 Mulai Ditawarkan Sepekan Lagi
ILUSTRASI. Logo Obligasi Negara Ritel (ORI).


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam kurun waktu seminggu lagi, pemerintah akan mulai membuka masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) ritel perdana di tahun ini. 

Rencananya, pemerintah akan mulai menjual Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri ORI021 mulai 24 Januari hingga 17 Februari 2022 mendatang. 

Jika mengacu pada seri ORI sebelumnya, secara karakteristik, ORI merupakan SBN ritel yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Hal ini memungkinkan para investor untuk mendapatkan capital gain jika memutuskan menjual ORI yang dimilikinya.

Sementara dari sisi kupon, ORI memiliki imbalan yang bersifat fixed rate alias tetap dan dibayarkan setiap bulan. Selain itu, ORI juga merupakan instrumen yang murah meriah karena investor bisa menebusnya hanya dengan modal minimal Rp 1 juta.

Salah satu keunggulan lain dari ORI adalah minim risiko mengingat instrumen yang satu ini dijamin oleh undang-undang. Alhasil, risiko gagal bayar bisa dibilang tidak akan mungkin terjadi.

Baca Juga: Simak Jadwal Penerbitan SBN Ritel Tahun 2022, Paling Dekat ORI021

Belum lama ini, Senior Economist Samuel Sekuritas Fikri C Permana mengungkapkan, ORI021 akan mendapatkan sambutan yang meriah dari para investor. Menurutnya, dengan likuiditas domestik yang masih berlimpah saat ini, maka minat masyarakat masih akan tinggi. 
Terlebih lagi, dengan tren suku bunga yang rendah saat ini, masyarakat dinilai akan mencari imbal hasil yang paling kompetitif.

“Rate deposito sekarang ini kan di kisaran 2,5%-3%, sementara ORI bisa kasih imbal hasil yang jauh lebih menarik. Belum lagi, dari sisi pajak, SBN ritel ini hanya 10%, jauh lebih rendah dibanding deposito yang 20%,” kata Fikri kepada Kontan.co.id belum lama ini. 

Menurut Fikri, pemerintah idealnya memberi kupon ORI021 sebesar 4,7%-4,8% agar menarik minat masyarakat. Walaupun angka tersebut jauh lebih kecil dibanding kupon seri ORI020 yang sebesar 4,95%, tetap akan lebih menarik mengingat yield SBN 3 tahun ada di kisaran 4,5-4,6%.

Jadi selain memberikan premium dibanding tenor sejenis, kupon tersebut juga jauh lebih besar dibanding bunga deposito. Namun, memiliki karakter yang sama, yakni kupon yang dibayarkan setiap bulan, serta bebas risiko.

Baca Juga: Untuk Menarik Minat Investor, Kupon ORI021 Disarankan Berkisar 5%

Hanya saja, dengan kupon tersebut, ia memperkirakan penjualan ORI021 tidak akan setinggi ORI019 yang diluncurkan pada awal tahun 2021. Saat itu, penjualan ORI019 berhasil mencapai Rp 26 triliun. 

“Penjualan ORI021 ini tapi setidaknya akan melebihi penjualan ORI020 yang sebesar Rp 15 triliun,” tutup Fikri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×