kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45718,11   8,75   1.23%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Saham Merdeka Copper Gold (MDKA) menguat paling tinggi, simak saran analis


Minggu, 08 Maret 2020 / 17:11 WIB
Saham Merdeka Copper Gold (MDKA) menguat paling tinggi, simak saran analis
ILUSTRASI. Truk bertonase besar membawa batuan hasil tambang untuk diproses di area penambangan emas Tujuh Bukit milik PT Bumi Suksesindo (BSI) di Banyuwangi Jawa Timur, Kamis (5/12). Melalui PT BSI dari Tambang Tujuh Bukit, PT Merdeka Copper Gold Tbk meningkatkan p

Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sejak awal tahun Indeks Kompas 100 mengalami koreksi yang cukup dalam. Berdasar data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), indeks kompas 100 tertekan hingga 13,16% sejauh ini.

Penurunan yang dialami indeks Kompas 100 lebih dalam dibandingkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terkoreksi hingga 12,72% secara year to date (ytd).

Di tengah indeks yang tertekan, masih ada saham-saham anggota indeks Kompas 100 yang menghijau sejak awal tahun yaitu PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Bintang Oto Global Tbk (BOGA), PT Bank Permata (BNLI) Tbk, dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Baca Juga: Empat saham indeks Kompas 100 ini menguat saat IHSG lesu, ini rekomendasi analis

Di antara keempat saham yang menguat itu, harga saham MDKA menguat paling signifikan. Berdasar penelususuran Kontan.co.id, MDKA menguat 21,03% sejak awal tahun. Asal tahu saja pada penutupan perdagangan Jumat (6/3) harga saham perusahaan pertambangan itu mencapai Rp 1.295.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengamati penguatan MDKA dipicu oleh sentimen harga emas yang terus meningkat.

"Kenaikan harga emas membuat pelaku pasar menjadi tertarik mencoba peruntungan di saham emas, apalagi market sedang down," katanya ketika dihubungi Kontan.co.id, Sabtu (7/3).

Baca Juga: Rekomendasi analis untuk saham emiten mamin yang tengah diselimuti sentimen negatif

Berdasar data dari Bloomberg pada Jumat lalu, harga komoditas emas berada US$ 1.672,40 per ons troi. Angka tersebut menguat sejak akhir tahun 2019 yang berada pada harga US$ 220,847 per ons troi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×